Gibran Menjawab! Ternyata Ini Alasan Kerap Absen Debat Cawapres

Sabtu 09-12-2023,12:49 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan publik lantaran sering kali absen dari acara debat.

Banyak tudingan miring yang diarahkan kepada pasangan dari Prabowo Subianto tersebut lantaran sikapnya yang memilih untuk tidak hadir dalam sebuah acara debat Cawapres untuk Pemilu 2024.

Salah satunya, Gibran Rakabuming dituding tidak punya nyali untuk berdebat dengan Cawapres Cak Imin dan Mahfud MD.

Ada juga yang mengatakan jikalau saat debat nanti ia akan diberikan pertanyaan mengenai langkahnya maju menjadi Cawapres 2024 karena tak luput dari campur tangan pamannya di Mahkamah Konstitusi (MK).

BACA JUGA: Gibran Dipantau Bawaslu, Terancam Sanksi Tegas Jika Terbukti Melanggar Aturan Kampanye

BACA JUGA:Bawaslu Kaji Dugaan Pelanggaran Kampanye Gibran, Larangan Kegiatan Politik di CFD Segera Dikeluarkan

Menepis tudingan tesebut, Gibran Rakabuming Raka akhirnya buka suara terkait alasannya kerap absen dalam acara debat Cawapres.

Seperti debat yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi nasional, Gibran mengatakan bahwa dirinya tidak bisa hadir lantaran sudah ada jadwal yang sebelumnya sudah ia agendakan.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan punya alasan tersendiri terkait tidak hadiri acara debat Cawapres tersebut. Gibran Rakabuming mengaku enggan hadir dalam debat Cawapres yang bukan cara diskusi resmi yang diselenggarakan oleh KPU.

"Apakah itu dari KPU resmi, saya sudah terjadwal sama Gus Yahya soalnya," ujar Gibran.

Gibran Rakabuming menegaskan jika dirinya hanya akan menghadiri debat yang digelar resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya datang yang resmi aja," tegasnya.

Disisi lain, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasioanl (TKN) Prabowo-Gibran, Afriansyah Noor selaras dengan pernyataan tegas Gibran. Afriansyah menyebut Gibran hanya ingin menghadiri debat resmi ketika ia diketahui absen dalam acara debat yang diadakan salah satu media.

Namun Afriansyah juga menjelaskan, alasan lain Gibran tak bisa memenuhi undangan debat di luar KPU, lantaran belum mengambil cuti.

"Mas Gibran itu sampai sekarang belum mengambil cuti untuk kegiatan debat, baik yang diadakan televisi, media, ataupun yang lain-lain," ujar Afriansyah.

Kategori :