Hasil Lembaga Survey Pilpres 2024 Terkini, Elektabilitas Prabowo-Gibran Berada di Posisi Angin

Selasa 21-11-2023,18:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemilihan umum Presiden dan Calon Presiden 2024 sudah hanya tinggal hitungan bulan. Sejumlah Lembaga Survey hingga kini selalu mengupdate mengenai perkembangan elektabilitas dari masing-masing pasangan.

Pada pesta demokrasi 2024 diketahui ada 3 calon pasangan yang akan bersaing. Nomor urut satu merupakan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), pasangan nomor urut 2 merupakan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan pada nomor unur 3 adalah pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu 2024) mendatang akan menjadi pesta demokrasi yang baik, sebab dari masing-masing pasangan telah memiliki rekam jejak di dunia perpolitikan Indonesia.

Dengan pembekalan tersebut menjadi kepercayaan kita untuk mendukung salah satu pasangan yang bisa dipercaya untuk memimpin bangsa Indonesia ke depannya menjadi lebih baik.

BACA JUGA:

Atas dasar tersebut, banyak Lembaga Survey melakukan pemetaan terhadap setiap pasangan, dimana masyarakat melakukan pemilihan untuk mendukung.

Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran sementara mengenai untuk mengetahui kepercayaan masyarakat terhadap calon pemimpin bangsa.

Hasil Survey Terbaru Pilpres 2024

Tiga bulan lagi menjelang pemilihan Presiden 2024 kian memanas beberapa Lembaga Survey merilis hasil survey terbarunya. Berikut ini rangkuman dari beberapa Lembaga Survey terkait elektabilitas masing-masing pasangan Capres pada pertengahan November 2023:

1. LSI Denny JA

Lingkaran Survey Indonesia (LSI), Denny JA merilis hasilnya pada hari Senin 20 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Dalam Survey yang dilakukan pada tanggal 6 sampai 13 November 2023, pasangan dengan nomor urut 2 yakni Prabowo-Gibran unggul dengan 40,3 persen. Kemudian posisi kedua ada pasangan Ganjar-Mahfud dengan perolehan 28,6 persen. Sedangkan pada posisi ketiga ditempati oleh pasangan Anis-Muhaimin dengan 20,3 persen.

2.Survey IPO

Lembaga Survey kedua yang merilis hasilnya adalah Indonesia Political Opinion (IPO), dalam survey yang dirilis pada hari Senin 20 November 2023. Survey IPO melibatkan 1.400 responden dan dilakukan pada periode 17 hingga 19 November 2023.

Hasil survey tersebut menyebutkan bahwa Prabowo Subianto menduduki posisi unggul dari kedua calon Presiden. Sebagai calon Presiden (Capres) 2024, Prabowo Subianto elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 37,5 persen. Kemudian diposisi kedua ada Anies Baswedan dengan elektabilitas 32,7 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebanyak 28,3 persen.

BACA JUGA:

Kategori :