JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Fatwa MUI untuk mengharamkan produk Israel dan pro - nya diwujudnyatakan makin meluas .
Gerakan boikot terhadap produk yang terafiliasi dengan Israel tidak hanya datang dari masyarakat luas, tetapi juga didukung perusahaan di Tanah Air.
Seluruh Stake Holder, Grup & Brand, Investor Mitra & Vendor Musim Indonesia mengumumkan secara resmi meniadakan menu yang mengandung bahan baku yang mendukung Israel.
“Kami menginformasikan dengan sangat bangga tidak menggunakan bahan baku atau produk yang mendukung zionis Israel dalam mengolah dan menyajikan produk di Spicywon,” tulis caption di laman Instagram @spicywon.id, seperti dikutip Senin, 13 November 2023.
Berdasarkan informasi resmi, para jaringan perusahaan makanan dan minuman Musim Indonesia adalah Donatsu, Spicywon, Topoci, Hack Ramen, Bing Snow, Musim Beku, Nasi Kepal Nusantara, Nyeublak Nyeublak, hingga Furutsu.
“Hal ini kami dedikasikan sebagai aksi nyata kami dalam mendukung kemerdekaan Palestina,” tegas caption tersebut.
BACA JUGA:
- Produk Israel Terpaksa Banting Harga Imbas Boikot dan Fatwa MUI
- Takut Diboikot! Danone Indonesia Buka Suara soal Tuduhan Sebagai Pendukung Israel
Selain itu, Musim Indonesia pun memutuskan untuk berhenti bekerja sama dengan perusahaan dan merek internasional yang dinilai mendukung genosida di Gaza.
“Kami sebagai pemilik perusahaan dengan ini mengambil sikap untuk tidak lagi melanjutkan kerjasama yang bersinggungan dengan supply chain Nestle terhadap perusahaan maupun pribadi,” jelasnya.
Adapun brand yang dimaksud perusahaan yakni Dancow, Milo, Kitkat, Koko Krunch, Nescafe, Carnation, Siora dan Nestea.
“Dengan demikian, langkah nyata perusahaan terhadap sisa bahan baku dan produk yang beririsan dengan brand diatas ialah dengan tidak menjualnya, tidak mencantumkan logonya, dan tidak lagi mempromosikan nya per tanggal 1 November 2023,” tulis pernyatan tersebut.
Dipuji Masyarakat
Aksi tegas Musim Indonesia memboikot produk yang terafiliasi Israel menuai pujian warganet.
Hal ini terlihat di kolom postingan Instagram perusahaan.
“Mantep banget ini, aku tinggal di Jkt dan belum jg kesampaian makan ke Spicywon pengen banget padahal,” tulis akun @555dumspirospero.
“Masyaa Allah, keren sekali sungguh berani ambil sikap setegas ini. Semoga semakin banyak peminatnya, larrisss teruuuss, berkaahh. Aamiin,” tambah akun @sdwikarmilas