Peraih Medali Perak Pertama Tim Merah Putih di Olimpiade, Kusuma Wardhani, Tutup Usia

Selasa 14-11-2023,09:27 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPEN.CO.ID - Atlet panahan legendaris Indonesia Kusuma Wardhani tutup usia    pergi untuk selamanya.. Almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu 12 November 2023 lalu akibat sakit. 

Kusuma Wardhani tutup usia dikediamannya di Kompleks Perumahan Toddopuli nomor 22 Kecamatan Panukkang, Kota Makasar. Almarhumah  lahir 20 Februari 1964 itu, wafat dalam usia 59 tahun. 

Bangsa Indonesia sangat berduka atas kepergian Kusuma Wardhani yang berhasil  menorehkan tintas emas bagi Indonesia bidang olahraga khususnya cabang olahraga (Cabor) Panahan. 

Almarhumah Kusuma Wardhani bersama Lilies Handayani dan Nurfitriyana Saiman pada perhelatan Olimpiade dunia di Kota Seoul Korea Selatan tahun 1988 berhasil mendapatkan medali Perak bagi kontingen Indonesia. Perjuangan merah putih kala itu, bukanlah ringan, sebab, puluhan negara-negara kuat di cabang Panahan ikut ambil bagian.

BACA JUGA:

Olimpiade di Kota Seoul Korea Selatan kala itu berlangsung antara 17 September sampai dengan 2 Oktober dengan jumlah negara yang turut serta mencapai 159 negara peserta. 

Medali perak yang dipersembahkan ketiganya itu menjadi medali pertama diraih Indonesia pada  ajang bergengsi olimpiade, sejak tim Indonesia mulai ikut tahun 1952

Euforia kegembiraan  kala itu sampai-sampai kisah heroik 3 Srikandi dari perjuangan Kusuma Wardhani dan dua rekan Timnya meraih medali perak diangkat menjadi sebuah film layar lebar dengan judul yang sama.

Moment keberhasilan merebut medali perak, yang terjadi 44 tahun lalu itu melekat kuat dalam benak Bangsa Indonesia. Pasalnya keberhasilan menunggu untuk merebut medali sudah lama dinanti sejak Indonesia ikut serta dalam ajang pesta olahraga terbesar se-dunia.

BACA JUGA:

Melalui siaran langsung, yang dipancarkan sebuah stasiun televisi Nasional, Jutaan masyarakat Indonesia menyaksikan moment saat detik-detik ke-3 Srikandi Indonesia berhasil memperoleh medali setelah hasil catatan panahan mereka di akumulasi. 

Ajang Olimpiade Souel merupakan ajang terbaik dari istri Almarhum Adam Adjiji yang juga mantan atlet panahan Indonesia dan sempat menjadi pelatihnya di Pelatnas. 

Almarhumah juga berprestasi ajang Sea Games atau perhelatan olahraga se-Asia Tenggara  dengan membukukan 7 medali emas, 4 medali perak dan 3 medali Perunggu.

Selamat Jalan Kusuma Wardhani, Semoga Tuhan yang Mahakuasa memberikan dirimu tempat terbaik disisiNya. 

Kategori :