Mengenal Jenis-Jenis ISO Dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Bisnis

Selasa 24-10-2023,12:00 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Dimas Satriyo

 

  • ISO/IEC 27001

ISP/IEC 27001 adalah aturan yang mengatur standar  Informasi Security Management System (ISMS) atau sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini diterapkan pada perusahaan aplikasi IT dan yang sejenisnya.

 

  • ISO 14001

ISO 14001 merupakan standar yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan dengan berbagai aspek yang wajib dipenuhi, seperti penghematan air, bahan bakar, energi, dan pengelolaan limbah industri.

 

BACA JUGA:

 

  • ISO TS 16949

ISO ini mengatur standar yang berhubungan dengan sistem manajemen mutu untuk industri otomotif dengan konsep perbaikan berkelanjutan, tindakan pencegahan dan perbaikan, serta pengendalian rantai pemasok.

 

  • ISO 5001

ISO 5001 merupakan standar untuk sistem manajemen energi yang bertujuan agar perusahaan mempunyai sistem untuk memperbaiki konsumsi energi, kinerja, dan efisiensi.

 

  • ISO/IEC 17025

Seperangkat aturan yang mengatur standar lembaga pengujian atau laboratorium yang bertujuan untuk menjamin keakuratan hasil pengujian pada berbagai bidang seperti kesehatan, perlindungan konsumen, perdagangan, dan produksi.

 

  • ISO 28000

Perangkat aturan standar yang mengatur sistem keamanan pasokan untuk perusahaan berisiko tinggi, seperti hotel, perbankan, pertambangan, dan sejenisnya.

Demikianlah, ulasan terkait jenis-jenis ISO serta manfaatnya untuk perkembangan bisnis yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.***

Kategori :