Mengenal Jenis-Jenis ISO Dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Bisnis

Selasa 24-10-2023,12:00 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Dimas Satriyo

RADARPENA.CO.ID - ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization, ISO ini sering digunakan dan diterapkan di perusahaan-perusahaan.

Biasanya, sertifikat ISO diterbitkan oleh Badan Sertifikasi ISO yang telah memiliki otoritas dari Badan Akreditasi. 

Perusahaan yang dinyatakan lulus berhak mendapatkan penghargaan sesuai dengan standar ISO yang diterapkan.

ISO merupakan badan standar dunia yang didirikan di Jenewa, Swiss, pada 1947. Organisasi ini dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa.

 

BACA JUGA:

 

Perusahaan memang tidak wajib harus patuh pada standar yang ditetapkan oleh ISO, namun perusahaan yang telah memiliki sertifikasi ISO dapat dipastikan memiliki, sistem, produk atau jasa yang terjamin kualitasnya. 

Dalam menetapkan standar tersebut, ISO mengundang perwakilan anggotanya dari 160 negara untuk duduk di Technical Committee (TC), Sub-Committee (SC), dan Working Group (WG).

Peserta ISO tergabung dalam badan standar nasional dari masing-masing negara dan perusahaan besar.

Memiliki sertifikasi ISO membuat perusahaan akan lebih dipercaya oleh konsumen dan lebih berpeluang menjadi unggul di persaingan global.

Manfaat ISO Untuk Perkembangan Bisnis

  • Bagi perusahaan yang ingin melebarkan sayapnya secara luas pastinya membutuhkan sertifikasi ISO. Tidak hanya itu, dengan adanya sertifikasi ini bisnis kamu akan lebih kredibel karena telah dilakukan verifikasi oleh regulator yang tepat. Manfaat ISO bagi bisnis yang lainnya yaitu dapat mengoptimalkan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Karyawan-pun akan lebih baik dan semakin terpacu dengan adanya indikator dari ISO. Jadi, kepemilikan sertifikasi ISO ini penting serta bisa menjadi meningkatkan citra perusahan. Sehingga untuk perusahaan yang ingin berkembang dan melebarkan sayap wajib untuk memiliki sertifikasi ISO.

 

Jenis-jenis ISO

  • ISO 9001

ISO 9001 adalah sistem manajemen mutu yang memiliki karakteristik pendekatan proses untuk memperbaiki efektivitas manajemen mutu di suatu perusahaan. Standar ISO 9001 merupakan standar yang paling banyak diterapkan perusahaan di Indonesia.

 

  • ISO 22000

ISO 22000 diterapkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan standar ini harus melakukan kontrol internal serta memiliki rencana proses dan pengendalian untuk setiap produk yang dihasilkannya.

Kategori :