Berbahaya Tapi Bisa Disembuhkan, Simak Metode Pengobatan dan Pantangan untuk Penderita Paru-Paru Basah

Rabu 18-10-2023,13:20 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Pada kasus paru-paru basah yang berat dan serius, bantuan ventilatior di Intensive Care Unit (ICU) sangat diperlukan. Pemasangan alat bantu pernapasan dilakukan karena salah satu gejala paru-paru basah adalah kesulitan bernapas atau sesak napas. 

BACA JUGA:

Gara - Gara Kekurangan Cairan Nyatanya Berdampak Sangat Fatal Bagi Kesehatan Tubuh,Simak Pembuktiannya!

Pada penderita pneumonia aspirasi, yaitu pneumonia yang disebabkan akibat menghirup suatu benda. Maka benda tersebut perlu untuk dilakukan pengangkatan dengan metode bronkoskopi. Tindakan bronkoskopi memerlukan sebuah alat yang bernama bronkoskop untuk melihat ke dalam saluran pernapasan dan paru-paru.

Pantangan Makanan Penderita Pneumonia/paru-paru basah

Selain mengikuti pengobatan yang diberikan dokter, memakan makanan yang bergizi juga diketahui mampu mempercepat pemulihan. Menghindari jenis-jenis makanan tertentu merupakan bentuk perawatan yang dapat dilakukan dari rumah.

Berikut ini beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita Pneumonia:

1. Konsumsi garam berlebihan

Garam berlebihan dapat menyebabkan air tertahan di dalam tubuh yang bisa memicu reaksi gangguan pernapasan pada penderita Pneumonia. Namun apakah tidak boleh mengkonsumsi garam?

Garam boleh dikonsumsi tetapi dalam kadar secukupnya atau bahkan sedikit saja. Atau bisa menggunakan bumbu dan rempah-rempah lainnya guna meningkatkan cita rasa makanan serta pengganti garam.

2. Konsumsi froozen food atau dingin

Makanan beku atau dingin, seperti daging yang diawetkan diketahui mengandung zat aditif yang berbahaya bagi tubuh. Zat aditif yang umum ditemukan pada makanan beku atau dingin adalah nitrat. Penderita pneumonia perlu menghindari makanan beku ini karena kandungan nitrat dapat meningkatkan bahaya serta memperburuk infeksi penyakit.

3. Produk Susu

Produk susu merupakan salah satu jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita pneumonia. Produk susu diketahui dapat memperburuk gejala pada penderita pneumonia. Sedangkan, susu berkalsium dikenal dapat meningkatkan lendir di organ usus.

4. Makanan yang Digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan tekanan pada paru-paru.

Kategori :