RADARPENA.CO.ID - Di Indonesia, sejarah Toyota Corolla dimulai pada tahun 1970, namun di negara asalnya Jepang, sedan ini pertama kali dirilis pada tahun 1966.
Ya, generasi pertamanya memang bukan di Indonesia, melainkan hanya di Australia dan Amerika Serikat.
Baru pada tahun 1970 Toyota Corolla generasi kedua tiba di Indonesia. Tahun 1990-an itu merupakan masa keemasan Toyota Corolla. Bahkan saat ini Toyota Corolla sudah banyak peminatnya.
Bahkan, Toyota Corolla menjadi mobil terlaris di dunia pada tahun 2016, dengan terjual sekitar 13 juta pada tahun tersebut. Lalu bagaimana sejarah Toyota Corolla dari generasi ke generasi?
Generasi pertama tidak datang ke Indonesia
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Toyota Corolla generasi pertama tidak masuk ke Indonesia.
Toyota Corolla generasi ini menggunakan lampu depan berbentuk bulat dengan kaca spion di samping kap mesin.
Ada tiga tipe mesin 1100cc untuk sedan ini. Masing-masing tipe diberi kode KE10 untuk sedan, KE15 untuk coupé, atau KE16 untuk estate.
Di penghujung generasi pertamanya yaitu pada tahun 1970, Toyota Corolla diperbarui dengan mesin 1200cc kode KE11 Sedan, KE18 Estate dan KE17 Sprinter.
- BACA JUGA:Harga Mobil Taft GT : Legenda All-Rounder yang Jadi Idaman Para Off-Roader, Barang Langka Buruan Kolektor!
- BACA JUGA:Daihatsu Taft GT 4x4 Murah: Mobil Sport yang Mampu Menaklukan Berbagai Medan, Ini Spesifikasinya
Toyota Corolla generasi kedua
Lahirnya generasi kedua pada tahun 1970 menandai awal kesuksesan Toyota Corolla di industri otomotif tanah air.
Toyota Corolla generasi ini hadir di Indonesia. Saat itu Toyota Corolla menjadi versi 4 pintu.
Mesinnya dibekali mesin 3K 1.200 cc dengan girboks manual 4 percepatan dan diberi kode KE20.
Pada tahun 1970 hingga 1974, mobil ini juga digunakan sebagai armada taksi sehingga tergolong sedan tangguh.
Toyota Corolla generasi ketiga
Generasi ketiga hadir pada tahun 1975. Mesinnya masih sama yakni mesin 1200cc 3K. Generasi ketiga ini berkode KE30 dan memiliki beberapa pembaruan pada bagian depan dan belakang.
Toyota Corolla generasi keempat
Empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1979, Toyota Corolla DX generasi keempat hadir di Indonesia.
Mobil berkode bodi KE70 ini dibekali mesin 1.3 liter 4K, transmisi manual 4 percepatan, dan penggerak roda belakang.
Toyota Corolla generasi ini tersedia dalam versi 4 pintu dan mengalami perubahan bentuk eksterior yang semula bulat kini menjadi persegi.
- BACA JUGA:Intip Kemewahan Hyundi Ioniq 6, Mobil listrik Premium Class dengan Harga capai Miliaran Rupiah
- BACA JUGA:10 Mobil Termahal di Dunia? Apa Saja, Yuk Intip Listnya!
Toyota Corolla generasi kelima
Sejarah Toyota Corolla berlanjut hingga tahun 1983, ketika generasi kelima diluncurkan. Banyak perubahan yang terjadi, mulai dari bodi lebih bersih dan bagus hingga performa lebih tangguh.
Penggerak roda depan dipasang pada mobil ini dengan kode GL, tujuannya agar lebih irit, nyaman dan lega di dalam kabin.
Untuk dapur pacunya, mobil ini dibekali mesin 2A berkapasitas 1.300 cc dan transmisi manual 5 percepatan.
Selang dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1985, mobil ini diperbarui dengan mesin yang lebih bertenaga yaitu mesin 2E berkapasitas 1.300 cc.
Toyota Corolla generasi keenam
Tahun 1987 merupakan tahun lahirnya generasi keenam Toyota Corolla. Dengan kode bodi AE92, sedan ini mengusung teknologi twin cam yang disebut TwinCam dan transmisi otomatis.
Generasi ini memiliki tiga pilihan mesin. Pertama mesin 2E berkapasitas 1.300 cc, lalu mesin 4A-FE berkapasitas 1.600 cc, lalu mesin 4A-GE berkapasitas 1.600 cc, namun bertenaga lebih besar.
- BACA JUGA:Waspada Dua Gejala Bahaya Bisa Terjadi pada Mobil Anda Jika Diabaikan Saat Musim Kemarau
- BACA JUGA:Ciptakan Mobil Listrik Generasi EV Terbaru, Wuling Cloud EV Siap Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia
Toyota Corolla generasi ketujuh
Selanjutnya muncul generasi ketujuh yang diluncurkan pada tahun 1993 dengan julukan Greco, yang merupakan singkatan dari Great Corolla.
Berikutnya adalah generasi ketujuh yang diluncurkan pada tahun 1993 dengan julukan Greco, kependekan dari Great Corolla.
Greco memiliki kode bodi AE101 dan desain yang lebih aerodinamis. Meski demikian, pilihan mesinnya masih sama seperti generasi keenam.
Toyota Corolla generasi kedelapan
Sejarah Toyota Corolla berlanjut hingga generasi kedelapan yang hadir pada tahun 1996 dengan nama New Corolla dan All New Corolla, dengan kode bodi AE111.
Perubahan desain pada generasi ini adalah pada lampu remnya yang berbentuk kotak.
All New Corolla ditenagai mesin 1.600cc 4A-FE dengan injeksi bahan bakar DOHC. Versi facelift mendapat upgrade mesin yakni mesin injeksi 7A-FE DOHC berkapasitas 1.800 cc.
Kedua mesin tersebut memiliki dua transmisi yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
- BACA JUGA:Waspada Dua Gejala Bahaya Bisa Terjadi pada Mobil Anda Jika Diabaikan Saat Musim Kemarau
- BACA JUGA:Ciptakan Mobil Listrik Generasi EV Terbaru, Wuling Cloud EV Siap Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia
Toyota Corolla generasi kesembilan mulai menyandang nama Altis
Perjalanan sejarah Toyota Corolla berlanjut hingga generasi kesembilan yang dirilis pada tahun 2001.
All New Corolla digantikan oleh Toyota Corolla Altis. Konsep yang diajukan juga mengalami perubahan.
Berkat desain yang modern dan lebih aerodinamis, desain kini menjadi lebih mewah dan elegan. Dimensinya yang lebih besar dan panjang membuat mobil ini semakin mengesankan.
Dari segi performa, generasi kesembilan ini menggunakan mesin 1ZZ-FE 1.800cc dan didukung teknologi VVT.
Tersedia dua transmisi, transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.
Dari segi fitur keselamatan, Corolla Altis dilengkapi dengan sistem airbag, sistem pengereman anti-lock dan ABSand#41; sistem dan rem cakram di setiap roda.
Toyota Corolla Altis generasi kesepuluh
Toyota Corolla Altis generasi kesepuluh yang dirilis tahun 2006 juga memiliki dua pilihan mesin.
Yang pertama adalah mesin 2ZR-FE 1800cc DOHC dan mesin 3ZR-FE 2000cc DOHC berteknologi Dual VVT yang didukung transmisi otomatis CVT.
Ada pula fitur keselamatan seperti airbag, sistem pengereman anti-lock dan #40;ABSand#41;, distribusi rem elektronik (EBD), cruise control, dan voice control.