Anda Suka Selingkuh ? Itu Tanda Mental Terganggu, Simak Alasannya !

Kamis 05-10-2023,12:07 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

 

7. Penyakit jantung

Salah satu masalah paling serius yang bisa terjadi karena efek perselingkuhan adalah penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa pria yang berselingkuh memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung. Selain itu, kardiomiopati yang terjadi karena stres sering disebut sebagai ‘sindrom patah hati’ dan bisa terjadi pada wanita lansia.

 

Gangguan Kesehatan Otak Akibat Perselingkuhan

Perselingkuhan bisa berdampak pada bagian otak manusia. Hal ini dipengaruhi atas beberapa rasa spontan yang dirasakan pasangan selingkuh. Tanpa disadari otak akan merespon beberapa tindakan yang bahkan tidak ingin terjadi hanya untuk melindungi atau melakukan pembelaan seperti berkata bohong atau bakan bertindak kasar.

Hal tersebut yang menyebabkan tindakan kekerasan semakin tinggi dimasa sekarang ini. Adrenalin yang secara muncul akan mengarah pada otak sehingga merespon suatu tindakan secara spontan.

 

Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi pada otak akibat perselingkuhan:

 

1.Dorongan biologis 

Studi dalam jurnal Psychoneuroendocrinology (2012) menyebutkan kadar oksitosin pada orang yang menjalin suatu hubungan jauh lebih tinggi daripada orang yang masih lajang. 

Saat mulai merasakan rasa sayang, nyaman, atau cinta, maka hormon oksitosin diproduksi. 

Hormon tersebut yang akan memperkuat keyakinan dan ikatan dengan pasangan.

Hal tersebut berbeda dengan orang yang jomblo, oksitosin mudah terbentuk pada individu yang menjalin hubungan asmara, termasuk bagi orang ketiga dalam hubungan pasangan lain.

Dorongan biologis kerap menjadi alasan seseorang bisa jadi orang ketiga.

Akan tetapi, bukan berarti dorongan ini tidak bisa dibendung. Pasalnya, manusia memiliki sistem moral untuk membedakan yang benar dan salah. 

Hal tersebut bisa membantu mengendalikan dorongan biologis yang salah jalan. 

 

2. Gairah makin tinggi 

Kategori :