Manfaat Minyak Urang Aring Untuk Kesehatan Rambut, Cek Disini

Selasa 05-09-2023,10:44 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Reza Fahlevi

Minyak Urang Aring - Minyak urang aring merupakan salah satu produk herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk rambut, di Indonesia tanaman dengan minyak urang aring juga dipercaya mampu membuat rambut berkilau dan hitam.

Kandungan minyak urang aring yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin Dvitamin E dan nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut.

Minyak urang aring bukanlah minyak melainkan ektraksi dari daun urang aring dengan menggunakan air. Jadi secara garis besar, minyak urang aring tidak dibuat dengan berdasarkan prinsip pembuatan minyak.

Tak hanya mengandung vitamin Dvitamin E dan nutrisi, namun minyak urang-aring juga mengandung magnesiumkalsium, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

BACA JUGA:

Ciri Tanaman Urang Aring

  • Batangnya berbentuk bulat dengan warna hijau kecoklatan serta ditumbuhi rambut agak kasar yang berwarna putih
  • Daunnya berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan ujung daun yang meruncing serta pinggiran daunnya bergerigi halus atau hampir rata, dan kedua permukaan daunnya berambut terasa agak kasar
  • Bunganya yang memiliki bentuk bongkol kecil-kecil warna putih
  • Buahnya yang agak pipih memanjang keras dan berbulu
  • Tumbuhnya bisa mencapai hingga 80 cm

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, manfaat minyak urang aring untuk rambut : 

Mencegah rambut bercabang

Manfaat minyak urang aring selanjutnya yaitu mampu mencegah rambut bercabang, rambut bercabang disebabkan karena rambut yang terlalu kering.

Oleh karena itu minyak urang aring mampu memberikan kelembaban pada rambut. Caranya yaitu campurkan minyak pelaur seperti minyak kepala maupun minyak zaitun.

Setelah itu oleskan pada batang rambut dari pangkal hingga bagian ujung. Lakukan rutin seminggu sekali atau dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mampu Membuat Rambut Semakin Berkilau

Selain dapat menghitamkan rambut anda, minyak urang aring juga memilki manfaat yang sangat baik untuk mengkilaukan rambut anda.

Hal ini dapat terjadi, terutama bagi anda yang memiliki rambut hitam namun terlihat kusam. Gunakanlah ramuan minyak urang aring buatan sendiri untuk mengembaikan kliau rambut hitam anda, agar menjadilebih menarik.

Ekstrak minyak urang-aring diyakini mampu menciptakan kilau hitam pada rambut yang indah dan bercahaya. Tampilan rambut seperti ini akan membuat rambut tampak sehat dan terawat.

Memperlambat tumbuhnya uban

Manfaat minyak urang aring selanjutnya yaitu dapat mencegah munculnya uban pada rambut, hak ini dikarenakan kandungan pewarna hitam alami yang terdapat pada urang-aring mampu membuat warna batang rambut lebih gelap, sehingga tampilan uban dapat disamarkan.

Gunakan minyak urang aring secara teratur untuk mencegah munculnya uban di rambut anda.

Merangsang pertumbuhan rambut

Dalam sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan pada tikus albino jantan menemukan bahwa penggunaan minyak urang-aring dapat meningkatkan jumlah folikel rambut.

Kategori :