Rangka eSAF Vs Rangka Lama, Rangka eSAF Jauh Lebih Unggul

Sabtu 26-08-2023,17:17 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Reza Fahlevi

Rangka eSAF Honda-Motor Honda, pada tipe Honda Genio, Honda Beat, Honda Scoopy dan Honda varioa 160 menggunakan rangka Enchanced Smart Architecture Frame (esaf).

Rangka motor itu, akhir-akhir ramai diperbincangkan nitizen di media sosial, karena kerap mengalami keropos, karatan bahkan patah.

Pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah memberi penjelasan terkait isu rangka eSAF perlu ditelusuri penyebab patah. 

Perlu juga diketahui dan ditelusuri riwayat motor yang mengalami patah ditengah tersebut. Pihak AHM meminta agar diperiksa dahulu.

Seperti apa kejadiannya, seperti apa kondisinya. Perlu dilihat lebih detail, kondisi patah itu, serta motor bersangkutan dipergunakan untuk  apa saja.

Rangka eSAF dibandingkan dengan rangka lama atau sasis lama, banyak sekali perbedaannya. Sasis lama memakai batang besi.

BACA JUGA:

kemudian batang besi itu, dirangkai menjadi satu sehingga menjadi satu kesatuan dalam satu unit motor.

Berbeda dengan eSAF, sudah memakai teknologi laser, atau dengan penyebutan nama rangka tubuler.

Dengan rangka tubuler ini kata AHM ada sekitar 34 komponen yang hilang dari sistem sasis lama berupa penyatuan batang-batang besi.

Saat dibuat rangka eSAF menggunakan Baja yang jelas lebih kuat dan tahan lama dibanding besi, dan di press. 

Kemudian pengelasannya menggunakan teknik laser, yang pastinya lebih halus serta lebih kuat hasilnya. 

Meski rangka lama juga menggunakan teknik, las tetapi rangka eSAF memiliki keunggulan minim sekali bahan tambahan.

BACA JUGA:

Dengan menggunakan bahan baja, dan dilas memakai sinar laser, serta minim sekali memakai bahan-bahan lain selain baja itu.

Rangka eSAF memiliki kelebihan dan tidak ada dimiliki oleh rangka lama, antaranya rangka eSAF lebih ringan.

Alhasil saat rangka eSAF dipakai dimotor menjadi lebih bobotnya lebih ringan dan jelas membuat kendaraan lebih bertenaga.

Tak saja ringan rangka eSAF diklaim oleh Astra Honda Motor (AHM) lebih lebih nyaman saat bermanuver.

Mengggunakan rangka eSAF yang lebih ringan tapi lebih kuat itu, menjadikan konsumsi BBM jadi lebih irit, karena bobot motor berkurang.

Rangka eSAF juga memiliki daya tahan lebih baik, kuat dan tahan lama, karena berbahan utama stell atau baja.

Penggunaan ranka eSAF itu membuat para insnyur Honda, dapat merancang  desain ruang yang lebih leluasa lebih besar terutama tangki dan bagasi.

Pembuktian itu bisa dilihat sendiri dari tipe-tipe yang memakai rngka eSAF ini seperti Honda BeAt, tangki BBM 4,2 liter.

Bagasi di Honda BeAt mencapai kapasitas 12 liter dan mampu memuat barang-barang bawaan lebih banyak  (**)

 

Kategori :