Catat! Ini Jenis Makanan yang Dapat Memicu Kambuhnya Asam Urat

Jumat 25-08-2023,19:43 WIB
Reporter : Panji Utama
Editor : Panji Utama

JAKARTA, RADARPENA - Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat secara signifikan. 

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada sendi dan bahkan serangan nyeri yang parah yang dikenal sebagai serangan asam urat. 

Selain obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, pengaturan pola makan juga sangat penting dalam mengelola asam urat. 

Berikut beberapa jenis makanan diketahui dapat memicu kambuhnya asam urat. 

BACA JUGA:Resmi! Aymeric Laporte Di Perkenalkan Al Nassr

Makanan yang Perlu Dihindari:

1. Daging Merah: 

Konsumsi daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi dapat meningkatkan produksi asam urat. Daging merah mengandung purin, senyawa yang dipecah oleh tubuh menjadi asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi daging merah, terutama dalam jumlah besar.

2. Jeroan: 

Hati, ginjal, otak, dan jeroan lainnya juga mengandung purin yang tinggi. Mengonsumsi jeroan dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

3. Hewan Laut: 

Ikan sarden, kerang, dan udang mengandung purin. Meskipun ikan merupakan sumber protein yang baik, sebaiknya pilih ikan yang lebih rendah kandungan purinnya, seperti ikan salmon.

4. Makanan yang Mengandung Fruktosa Tinggi: 

Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi, seperti minuman bersoda yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa, dapat meningkatkan risiko asam urat. Fruktosa dapat memicu produksi asam urat lebih banyak.

5. Minuman Beralkohol: 

Kategori :