Inilah Tekanan Darah Normal Orang Dewasa Yang Harus Diketahui

Rabu 16-08-2023,17:00 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Tekanan Darah Normal Dewasa -  Biasanya orang-orang memeriksakan rutin tekanan darahnya untuk memastikan bahwa tubuhnya berada dalam tekanan darah normal. Jika tekanan darah seseorang terlalu tinggi atau rendah akan berdampak pada kesehatannya.

Tekanan darah normal seseorang bisa naik atau turun, tergantung aktivitas fisik yang dilakukan, kesehatan pembuluh darah, dan kondisi emosional yang dialami.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika tekanan darah Anda berbeda dengan orang lain, selama angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu yang lama.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya berapa tekanan darah normal menurut usia? Hal ini tidak mengherankan, sebab tekanan darah merupakan salah satu indikator untuk mengecek kondisi kesehatan seseorang.

Dilansir dari Medical News Today, tekanan darah adalah ukuran yang menentukan kinerja jantung dalam memompa darah melalui sistem peredaran atau pembuluh darah ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:

Tanpa tekanan darah, oksigen dan nutrisi yang digunakan untuk memberi makan jaringan dan organ tubuh tidak dapat beredar di pembuluh darah.

Selain itu, tekanan darah juga penting dalam menunjang pembentukan sel darah putih dan antibodi untuk kekebalan tubuh, hingga pembentukan hormon, seperti insulin. 

Tekanan darah diukur dengan satuan mmHg atau milimeter air raksa. Selain itu, tekanan darah juga dibagi menjadi dua, yaitu: 

Tekanan darah sistolik (angka atas): mengukur kekuatan yang diberikan jantung pada dinding arteri setiap kali berdenyut. 

Tekanan darah diastolik (angka bawah): mengukur kekuatan yang diberikan jantung pada dinding arteri di antara setiap detak jantung. 

Jadi, tekanan darah adalah ukuran yang menunjukkan kekuatan jantung dalam memompa darah. Pembacaan tes tekanan darah dilakukan dalam satuan ukuran mmHg yang menyatakan jumlah tekanan darah sistolik dan diastolik.

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah cenderung menjadi kaku dan plak akan menumpuk di dalamnya, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah seseorang.

Jika tekanan darah seseorang terlalu tinggi akan berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan lainnya. Menurut analisi studi yang diterbitkan di Lancet, pada tahun 2015 rata-rata tekanan darah di dunia adalah 127/79 mm Hg untuk laki-laki dan 122/77 mm Hg untuk perempuan.

BACA JUGA:Penting! Ketahui Ciri - Ciri HIV Aids Serta Cara Pencegahannya

Kategori :