Simak! Ciri - Ciri Darah Tinggi Naik Serta Tips Turunkan Tekanan Darah

Rabu 16-08-2023,10:55 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Reza Fahlevi

Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, sebab seseorang yang mengalami berat badan yang berlebih biasanya rentan terkena tekanan darah yang tinggi.

Stres

Seseorang yang sedang banyak fikiran atau mengalami masalah yang besar juga bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik, sebab tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah.

Ciri Tekanan Darah Tinggi

  • Sakit Kepala
  • Detak jantung tidak teratur
  • Sesak Nafas
  • Urine muncul dengan darah
  • Mengalami mimisan
  • Wajah menjadi merah
  • Susah tidur
  • Pandangan menjadi kabur
  • Muncul bintik darah pada mata

BACA JUGA:

Tips Turunkan Darah Tinggi

Olahraga Rutin

Hal ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, apalagi olahraga sangat bagus untuk kebugaran badan kita.

Karena pada saat berolahraga tubuh akan merangsang enzim yang bekerja menyingkirkan kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah menuju hati (liver).

The Department of Health and Human Services (HHS) merekomendasikan olahraga intensitas sedang sebagai cara yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol sehari-hari. Sebaiknya rutin untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu.

Hindari Minum Alkohol

Sebaiknya anda tidak menyentuh alkohol, karena alkohol juga dapat memicu tekanan darah tinggi naik. Riset AHA memaparkan bahwa alkohol itu sangat erat kaitannya dengan tekanan darah, tekanan darah dapat melonjak secara drastis dalam dua jam setelah kamu mengkonsumsi alkohol atau minuman keras.

Konsumsi alkohol terus-menerus selama beberapa hari dapat meningkatkan tekanan darah secara berkelanjutan. Hal ini dapat meningkatkan risiko hipertensi yang sangat kronis.

Menjaga berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami yaitu dengan menurunkan berat badan berlebih supaya mendapatkan berat badan yang ideal.

Seseorang yang mempunyai berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan lebih di arteri, sehingga dapat menimbulkan tekanan darah lebih tinggi. Sebaiknya pastikan untuk melakukan berbagai cara yang sehat agar berat badan selalu ideal.

Konsumsi makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang sehat juga bisa digunakan sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti mengkonsumsi pisang, alpukat, tomat, ketang dan berbagai makanan ikan laut.

Kategori :