Yuk Simak! Ide Konten Creator TikTok Yang Perlu Kamu Coba Agar FYP

Minggu 06-08-2023,19:49 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Ide Konten Creator TikTok -  Gunakan kreativitas kamu untuk membuat video. Buatlah konsep video yang menarik dengan kualitas tinggi agar penonton betah saat menonton video kamu. Tren aplikasi TikTok tentu menjadi peluang besar kamu untuk mendapatkan profit dari sana. 

Untuk itu, kamu perlu mencari ide konten TikTok yang menarik agar konten kamu dapat muncul di FYP (for your page) atau halaman pertama aplikasi TikTok.

Ide konten menjadi dasar untuk membuat video menarik di TikTok. Kamu bisa memilih ide konten berdasarkan dengan minat, kreativitas, dan kepribadian kamu. Pilihlah satu jenis konten agar kamu memiliki penonton setia.

Berbagai macam ide konten TikTok bermunculan dan akibatnya, banyak generasi milenial melihat peluang dalam trending TikTok. Tujuannya agar mereka mendapatkan keuntungan dari platform media sosial tersebut. 

Untuk mengetahui apa saja ide konten TikTok yang menarik, silahkan simak pembahasan di bawah ini!

BACA JUGA:

1. Konten Interaktif

  • Jenis konten ini melibatkan interaksi langsung dari pengguna. Ide konten ini bisa berupa tantangan yakni kamu membuat challenge tarian, pose, mimik wajah, atau aksi tertentu, kemudian mengajak pengguna TikTok lainnya untuk ikut serta melakukan tantangan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa membuat video dengan memberikan pertanyaan kepada pengikut dan meminta mereka untuk memberikan jawaban dalam bentuk komentar atau video mereka sendiri. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan pengikut dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi langsung dalam konten yang kamu buat.

2. Unboxing Produk

  • Konten unboxing produk menjadi rekomendasi terakhir yang bisa kamu coba. Konten ini merupakan jenis konten di mana seorang kreator membuka dan mengeksplorasi produk baru di depan kamera. Kamu bisa memperlihatkan proses pembukaan produk, dan memberikan tanggapan atau ulasan awal. Berikan ulasan awal berdasarkan pengamatan pertama tentang kualitas, desain, atau keunikan produk. Jelaskan juga apa yang kamu suka dan tidak suka dari produk tersebut.

3. Tutorial

  • Kamu gemar mengedit video, memasak, atau justru senang make up? Daripada kamu menikmati hobi itu sendiri, lebih baik kamu jadikan itu sebagai ide konten TikTok. Kamu bisa memberikan tutorial bagaimana cara edit video, atau cara memasak resep makanan, dan masih banyak lagi. Tutorial juga salah satu konten yang banyak dicari pengguna, buktinya hampir di seluruh platform baik Youtube maupun Instagram pasti ada konten ini.

4. Konten Edukasi

  • Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang lebih tertarik menonton video daripada bacaan seperti artikel. Maka dari itu kamu dapat memanfaatkan fitur video TikTok ini sebagai ajang untuk memberikan edukasi. Edukasi tersebut tidak harus yang berat dan kompleks, kamu bisa mulai dari yang simple seperti alasan kenapa domain penting untuk bisnis atau masih banyak lagi tema lainnya.

5. Testimoni Produk

  • Selanjutnya ada konten testimoni atau review, yakni sebuah ulasan produk atau layanan dari pengguna yang sebelumnya telah menggunakannya selama periode waktu tertentu. Konten testimoni biasanya banyak dicari oleh calon pelanggan yang hendak membeli produk tersebut, sehingga mereka lebih yakin untuk membelinya. Sedangkan bagi brand, adanya konten testimoni dapat menjadi gambaran apakah selama ini sudah memberikan yang maksimal pada produk dan pelanggan.

6. Konten “A Day in My Life..”

  • Konten TikTok tidak melulu konten yang penuh edukasi dan serius, sesekali kamu bisa selingi dengan konten hiburan, salah satunya seperti “A day in my life..”. Konten tersebut menceritakan tentang kegiatan keseharian hingga kebiasaan kamu yang mirip seperti mini vlog. Misalnya dari mulai bangun pagi, bekerja, hingga tidur kembali. Tidak hanya kegiatan selama satu hari, tetapi bisa juga kegiatan ketika di sekolah, kampus, atau yang lainnya.

7. Membahas Topik yang Trend

  • Konten berikutnya adalah membahas topik atau fenomena yang sedang trend saat itu. Dengan membahas isu terkini dapat membuat pengguna TikTok lebih memahami apa yang sedang terjadi. Selain itu, kamu juga menjadi punya konten yang lebih segar. Namun, apabila trend tersebut di luar kemampuan kamu, pastikan lakukan riset agar tidak ada informasi yang kurang akurat.

BACA JUGA:

8. Rekomendasi Tempat

  • Banyak orang yang ingin mencari ide tempat wisata, restoran, cafe, museum, atau tempat menarik lainnya dari TikTok. Nah, jika kamu sering bepergian dan menemukan tempat-tempat hidden gems, coba untuk buatkan menjadi konten. Ambil beberapa video dan foto di lokasi tersebut, lalu kreasikan menjadi sebuah konten TikTok yang menarik. Tambahkan latar musik, dan lebih bagus lagi bila kamu mengisi audio rekaman suara mengenai pendapatmu tentang tempat tersebut. Siapa tahu konten video rekomendasi kamu akan membantu banyak orang.

Nah, itulah beberapa ide konten TikTok yang dapat kamu coba. Tapi jangan lupa, buatlah konten autentik dan berikan sentuhan pribadi dalam setiap video.

Pilihlah konten yang sesuai dengan minat diri sendiri. Selain itu, teruslah mengikuti tren terkini dan selalu berinteraksi dengan komunitas TikTok untuk terus mengembangkan ide konten yang menarik dan relevan. Semoga bermanfaat.***

Kategori :