Burung Termahal Di Dunia, Ada Yang Mencapai Miliaran Rupiah

Kamis 27-07-2023,09:45 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Ada banyak jenis burung langka yang jika dijual harganya selangit. Namun ternyata burung termahal di dunia justru bukan berasal dari kalangan burung langka. Burung termahal di dunia adalah merpati balap.

Harga Burung Merpati Balap

Berapa ya kira – kira  harga burung merpati balap sampai dikatakan sebagai burung termahal di dunia? Sebenarnya ada merpati balap yang laku dijual seharga Rp 26 miliar. Di Indonesia, ada merpati balap yang laku Rp 1,5 miliar.

Tidak ada harga pasaran baku untuk burung jenis ini. Sebab burung ini kebanyakan dimiliki untuk hobi dan kompetisi.

Ketika burung tersebut sering menang kejuaraan, sudah sewajarnya akan laku lebih mahal. Burung tersebut juga bisa menjadi indukan yang kemungkinan bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas juga.

BACA JUGA:Burung Hantu Dan Manfaatnya Dalam Basmi Hama

Bagaimana perbandingannya dengan harga burung jenis lain? Sebagai pembanding, burung langka seperti elang dan cendrawasih di situs online dijual paling mahal dengan harga puluhan juta rupiah.

Namun untuk diketahui, burung-burung langka tidak bisa sembarangan diperjualbelikan. Ada aturan ketat dalam memiliki burung langka, antara lain burung harus dikembangbiakkan di penangkaran. Jenis yang diperjualbelikan pun adalah generasi kedua atau ketiga.

Bagi yang mau membeli burung langka, akan lebih baik berkonsultasi dahulu dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebab jika ada legalitas yang kurang, Anda bisa saja terjerat pidana.

BACA JUGA:3 Mobil Termahal Di Dunia 2023, Bugatti Rajanya

Asal Usul Merpati Balap

Jika menilik dari fungsinya, merpati balap awalnya adalah merpati biasa yang sering digunakan sebagai merpati pos. Akan tetapi yang dikembangbiakkan saat ini adalah keturunan dari jenis merpati karang yang hidup di batu karang. Di perkotaan, merpati ini tinggal di atap gedung atau rumah.

Dalam perkembangannya, masyarakat semakin menggemari merpati balap dari luar, seperti jenis carrier pigeon dari Timur Tengah dan modern racing hamer dari Belgia.

Namun untuk memperbaiki kelemahan burung tersebut, para penangkar mencoba menyilangkan dengan merpati lokal berkualitas.

Ciri – ciri Merpati Balap

Kategori :