Blue Core Milik Yamaha Ciptakan Pengiritan BBM 50 %

Selasa 25-07-2023,21:52 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Teknologi motor Yamaha dikenal untuk penghematan bahan bakar dan ciptakan tenaga yang besar dengan nama Blue Core atau si inti biru yang muncul di dalam iklan-iklan produk motor Yamaha.

melalui teknologi Blue Core yang sudah dikenalkan Yamaha sejak tahun 2014  ini, membuat motor Yamaha membuat bisa lebih, irit mesin menjadi lebih bertenaga, mesin juga awet tahan lama dan memunculkan efisiensi ruang bakar, yakni penggunaan BBM yang sedikit   saja tetapi telah menghasilkan tenaga yang besar dan mesin juga menjadi lebih ringan dan minim panas.  Adanya Blue core ini, pabrikan  Yamaha mengklaim penghematan bahan bakar dapat diteken 50 persen.

Teknologi ini tentu mengagumkan ditengah, BBM yang semakin mahal dan memerlukan pengaturan dalam distribusinya.  Bayangkan jika kebutuhan normal untuk   membeli BBM per orang per motor   per minggu Rp 100.000, maka dengan blue core cukup hanya   Rp 50.000,-ribu saja.

BACA JUGA:Beragam Jenis Oli untuk Motor Matic: Menjaga Performa Mesin Anda

Secara ringkas bisa dijelaskan Teknologi Blue core merupakan inovasi dari Yamaha yang menyajikan kesenangan berkendara dan ramah lingkungan menjadi efisien. bertenaga, dan handal.  Handal artinya kinerja mesin dan ferformanya sangat baik sehingga menghasilkan tenaga besar, pemakaian BBM irit, tapi juga mesin lebih awet dan tahan lama. Tidak berat dan mengendarai motor terasa lebih nyaman dan stabil.

Teknologi Blue Core mampu menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar melalui kepiawaian insyur Yamaha, sehingga BBM masuk ke mesin menjadi lebih efektif di dalam ruang bakar. Yamaha juga mengatur jalur oli masuk secara khusus yang tugasnya memberi pendinginan kepada mesin, selain menciptakan tenaga tambahan. Kipas-kipas pendingin juga dibuat lebih besar dan sirip-sirip pendingin juga dibuat tipis dan jumlahnya lebih banyak

Bukan itu saja Yamaha juga mendesain ulang cara kerja mesin, sehingga tidak ada energi terbuang. Di dalam proses pembakaran, tak semua energi diproduksi serta dihasilkan oleh sistem pembakaran mesin disalurkan lewat roda belakang. Energi terbuang itu akan membentuk gesekan serta panas. Dengan teknologi ini, panas karena gesekan terjadi dapat dimanfaatkan menjadi sumber pembakaran untuk hasilkan tenaga.   

BACA JUGA:Motor Moto Guzzi Terbaru Kini Tersedia di Indonesia

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh motor Yamaha setelah melakukan inovasi teknologi mesin yang terbukti unggul dibanding motor-motor lain alias kompetitornya. Motor menjadi lebih kuat tetapi bobotnya juga menjadi lebih ringan terutama bagian mesin, lantaran semua komponen didalam mesin bekerja secara efektif dan efisien. Beberapa tipe motor Yamaha terutama Yamaha Matik sudah menggunakan teknologi Blue core ini.   (iaa)***

Kategori :