Simak Tips Belajar Yang Efektif Dan Efisien

Jumat 21-07-2023,19:33 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA -  Mahasiswa, pekerja kantoran ataupun seorang dosen pun juga perlu belajar. Misalnya belajar untuk mengikuti tes CPNS, belajar untuk masuk ke perguruan tinggi atau belajar untuk melamar pekerjaan.

Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini akan mengulas tentang cara belajar efektif dan efisien yang mampu memaksimalkan hasil belajar dan meraih impianmu.

Belajar tentunya menjadi hal yang wajib bagi para pelajar. Tetapi, tidak hanya para pelajar saja yang wajib melakukan aktivitas tersebut. Hal ini karena belum banyak yang mampu menemukan cara belajar yang efektif dan efisien yang sesuai dengan kondisinya pribadi. 

BACA JUGA:Begini Langkah Mudah Membuat Akun Gmail Baru, Cepat Dan Gak Ribet!

Memang harus diakui bahwa, cara belajar efektif dan efisien bagi sebagian orang, belum tentu efektif dan efisien bagian sebagian lainnya.

Nah, tahukah kamu pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk belajar. Tetapi sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk belajar.

Berikut ini adalah rangkaian tips belajar agar lebih efektif dan efisien. Simak yuk!

Belajar Dalam Suasana Nyaman

Tidak mungkin belajar pada suasana yang hiruk-pikuk. Oleh sebab itu ciptakan suasana dan kondisi belajar yang nyaman. Jika tidak memungkinkan belajar di rumah, coba cari tempat lain yang tenang dan nyaman. Misalnya di tempat yang rindang dan hawa sejuk. Bebas dari kebisingan.

Tentukan Waktu Belajar Yang Baik Dan Tepat

Kapan waktu efektif belajar? Islam sudah mengajarkan kepada kita bahwa waktu efektif belajar yaitu setiap bangun pagi dan sore hari setelah tidur siang. Kedua waktu ini terbilang efektif dalam menimba ilmu. Karena kedua waktu ini saat dimana pikiran tenang dan suasana nyaman sehingga membuat kamu mudah memahami setiap pelajaran.

Membuat Ringkasan

Cara belajar efektif dan efisien selanjutnya dengan membuat ringkasan dari hasil belajarmu. Kamu bisa menulis pokok-pokok penting. Bisa berupa poin-poin dari bahan belajarmu dalam sebuah buku, seperti rumus. Hal ini akan mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut. Saat membuat rangkuman, sebetulnya kamu sedang mengulang materi yang telah didapatkan. Pengulangan ini membantu kamu mengingat kembali catatan dengan lebih efektif. Cobalah menyalin catatan sebelum ulangan atau ujian untuk membantumu mengingat materi lebih baik. Jangan lupa membuat ringkasan dengan kalimat yang kamu buat sendiri. Menuliskan materi dalam kalimat yang kamu buat sendiri akan membantumu lebih mengingat poin-poin penting yang telah kamu pelajari.

BACA JUGA:Mengatasi Insomnia: Meningkatkan Kualitas Tidur untuk Kesehatan Optimal

Buat Akronim yang Mudah Diingat

Kategori :