Virgin Olive Dan Kandungan Polifenolnya

Rabu 12-07-2023,22:50 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Virgin Olive oil adalah minyak alami yang berasal dari ekstrak buah pohon zaitun. Pohon zaitun tersebut merupakan pohon tradisional dari basin Mediterania.

Virgin Olive Oil memeiliki lebih banyak zat gizi daripada minyak zaitun biasa. Hal itu disebabkan karena Virgin Olive Oil mengandung lebih banyak Polifenol, serta lebih kaya antioksidan.

Sedangkan minyak zaitun biasa memiliki antioksidan yang lebih rendah.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Polifenol ? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA:Kandungan Dan Manfaat Extra Virgin Olive Oil Bagi Kesehatan

POLIFENOL

Polifenol adalah senyawa antioksidan yang banyak terkandung dalam buah dan sayur seperti Teh, Jeruk dan Bayam.

Karena memiliki senyawa antioksidan, maka dipercaya dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2, inflamasi hingga penyakit jantung. Selain itu, Polifenol juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi beragam makanan sehat, Anda dapat memperoleh Manfaat dari Polifenol.

Jenis Polifenol dan Sumbernya

Polifenol banyak ditemukan pada makanan dan minuman sehat ataupun suplemen tertentu umumnya terbagi menjadi berbagai jenis :

BACA JUGA:Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

  • Flavonoid

Flavonoid adalah kelompok pigmen yang ada pada tumbuhan. Sekitar 60% polifenol termasuk dalam kelompok flavonoid, seperti flavon, flavonol, isoflavon, antosiadin, quersetin, kemferol, katekin, dan antosianin.

Flavonoid bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, seperti apel, jeruk, anggur, bawang, sawi, dan bayam, serta teh hijau dan cokelat hitam.

  • Asam fenolik

Antioksidan golongan asam fenolik meliputi stilben dan lignan. Keduanya banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, seperti apel, mangga, beri, plum, ceri, kiwi, jeruk, dan brokoli. Selain itu, asam fenolik juga terdapat dalam gandum utuh, jagung, kopi, dan teh.

Kategori :