Mengenal Bekam dan Manfaatnya

Rabu 05-07-2023,10:48 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA,RADARPENA- Bekam  (al-hijamah) adalah salah satu cara pengobatan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Manusia mengenal cara pengobatan ini dengan nama Thibbun Nabawi.

Manfaat   berbekam sangat banyak. Bekam bermanfaat menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit antara lain sakit kepala, membuang darah kotor,mencegah timbulnya infeksi dan penyaki kanker, melancarkan aliran darah serta banyak lagi.

Hadist tentang berbekam sangat banyak sekali diantaranya seperti yang diriwayatkan : Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al-hijamah (berbekam) (H.R. Ahmad).

BACA JUGA:Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Tiap Hari

“Sesungguhnya pada bekam itu terdapat kesembuhan” (Kitab Mukhtashar Muslim no. 1480, shahihul jaami, (no. 2128) dan silsilah al-hadits ash-shahih (no.864) karya imam al-Albani).

Nabi Muhammad SAW berdasarkan riwayat pernah berbekam yang dilakukan oleh Malaikat Jibril. Sesuai sabdanya Bekam sebaiknya dilaksanakan pda siang hari selama tiga hari berdasarkan tanggal qomariah setiap bulannya.

Saat itu darah sedang mendidih, sehingga proses bekam menjadi lebih mudah dikerjakan dan hasilnya akan maksimal, karena darah kotor secara alami akan terpisah, sehingga mudah dikeluarkan.

BACA JUGA:Simak Yuk, Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Nabi menganjurkan untuk   berbekam minimal satu kali seumur hidupnya. Bagi yang mendapat jasa bekam harus mengeluarkan upah kepada yang melakukan bekam.

  Teknik bekam sederhana sekali. Titik-titik tubuh yang sudahditentukan disayat menggunakan pisau sebagai jalan darah kotor keluar. Selanjutnya titik itu ditutup dengan tabung udara. Gunanya sebagai alat penghisap darah kotor.

Manfaat Bekam

1.     Obat sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan karena sirkulasi darah tidak lancar kebagian otak atau kepala. Kondisi ini bisa membuat oksigen tidak terdistribusi dengan baik membuat syaraf kepala fungsinya melemah dan menimbulkan rasa sakit.

BACA JUGA:Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kesehatan Manusia Dan Dalam Kehidupan Sehari-hari

2.     Membuang darah kotor

Darah kotor, adalah sisa-sisa darah yang sudah mati alias sel-sel darah merah yang ada sudah tidak berfungsi lagi (mati). Darah mati  perlu dikeluarkan karena bisa memicu terjadinya berbagai macam penyakitmelalui teknik bekam

3.     Mencegah timbulnya infeksi dan sakit kanker

Penyakit infeksi dapat terjadi saat darah kotor yang berada dibawah kulit masih mengendap. ketika tubuh terluka oleh benda tajam, maka zat besi yang ada dalam darah tidak bisa bekerja dengan baik untuk mengeringkan bagian yang terluka. Jika keadaan seperti ini berlarut akibatnya bisa fatal serta memicu terjadinya penyakit kanker.

BACA JUGA:Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Untuk Diet

4.     Melancarkan sirkulasi darah

Darah adalah sarana pengangkut oksigen didalam tubuh. Oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk   membantu organ-organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Jika peredaran darah tidak lancar, akan membuat oksigen tidak mengalir sehingga organ tubuh tidak bisa bekerja. Kondisi seperti ini jika dibiarkan terus dampaknya bisa fatal. Selain memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti Jantung, Hipertensi, yang bisa mengakibatkan seseorang meninggal dunia.(iaa)***

Tags :
Kategori :

Terkait