4 Manfaat dan Khasiat Dalam Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sabtu 10-06-2023,19:52 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Madu merupakan salah satu bahan alami yang populer digunakan untuk perawatan kulit wajah sejak zaman dahulu hingga sekarang adalah madu. Tidak sedikit produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasar karena manfaat kecantikannya yang luar biasa.

Dilansir dari Medical News Today, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit karena mengandung Antimikroba, Antibakteri, Antioksidan, Vitamin B, Vitamin C, serta sifat penyembuhan luka.

Kandungan tersebut menjadikan madu sebagai bahan alternatif yang menarik bagi beberapa orang untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, atau eksim. Sebelum menggunakannya sebagai perawatan kulit wajah, mari mengenal apa saja manfaat dari madu untuk wajah terlebih dahulu.

BACA JUGA:Begini Lho Cara Mudah Setting TV Digital, Dijamin Praktis dan Gak Ribet!

Khasiat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya. Kandungan vitamin dalam madu ini juga dapat dimanfaatkan baik untuk kesehatan tubuh ataupun untuk perawatan wajah. Berikut merupakan beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengurangi Gejala Maag

Khasiat antibiotik dalam madu dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan infeksi bakteri penyebab sakit tersebut. Infeksi bakteri dalam penyakit maag dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, terutama pada lambung. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian perut, mual, hingga rasa nyeri dan membuat tidak nyaman. Obat untuk penyakit maag pun sudah banyak, namun pengobatan kimia yang berlebihan bisa menyebabkan efek samping.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan dan membutuhkan waktu panjang untuk pengobatannya. Madu memiliki kandungan flavonoid atau anti oksidan, terutama pada madu hitam. Kandungan ini memiliki khasiat untuk menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker pada payudara dan menurunkan risiko kanker pada lambung.

BACA JUGA:Kenali 4 Gejala Malaria, Waspadai Menggigil Gejala Utama

3. Menyembuhkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Madu memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat. Tidak hanya menyembuhkan jerawat saja, madu juga dapat digunakan untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat.

Cara untuk memanfaatkan madu tidaklah sulit, madu dapat langsung dioleskan ke wajah, kemudian tunggu beberapa menit lalu bilas. Selain menggunakan madu murni, mencampurkan madu dengan bubuk kunyit juga bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dan cepat.

4. Melembabkan Kulit

Kategori :