Survei Terbaru Poltracking Indonesia, Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono 47,5%, Pramono-Rano Karno 31,5%

Survei Terbaru Poltracking Indonesia, Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono 47,5%,  Pramono-Rano Karno 31,5%

KPU Jakarta undi nomor urut cagub-cawagub Pilkada Jakarta 2024--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hasil survei terbaru Poltracking Indonesia menyebut pasangan Ridwan Kamil-Suswono unggul dari pasangan Pramono Anung-Rano Karno dan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana di Pilkada Jakarta 2024.

Survei Poltracking Indonesia dilakukan usai pendaftaran resmi calon gubernur dan wakil gubernur ke KPUD DKI Jakarta, yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 15 September 2024. 

Survei menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berdasarkan hasil survei pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono unggul dengan elektabilitas 47,5%.

Pasangan Pramono Anung - Rano Karno memiliki elektabilitas 31,5%, dan pasangan Dharma Pongrekun - Kun Wardana memperoleh 5,1%.

BACA JUGA:

"Pemilih di enam wilayah kabupaten/kota di DKI Jakarta cenderung memilih Ridwan Kamil - Suswono," ungkap Poltracking dalam hasil survei, 27 September 2024.

Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil dan Suswono terlihat kuat, terutama di kalangan suku Betawi dan Jawa yang menjadi mayoritas di Jakarta.

Evaluasi Kinerja dan Pemilih Berdasarkan Profesi

Sebanyak 72,6% responden menyatakan puas dengan kinerja Anies Baswedan sebagai gubernur periode 2017-2022.

Dari jumlah tersebut, 45% di antaranya mendukung Ridwan Kamil - Suswono.

Survei juga menunjukkan pemilih berdasarkan profesi. Kelompok seperti pengajar, PNS, karyawan swasta, hingga profesional lebih cenderung mendukung Ridwan Kamil-Suswono.

Sedangkan kelompok pensiunan cenderung terbagi antara pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: