Ayo Lamar! Berikut Daftar 6 Instansi CPNS 2024 yang Masih Sepi Peminat, Simak Persyaratannya

Ayo Lamar! Berikut Daftar 6 Instansi CPNS 2024 yang Masih Sepi Peminat, Simak Persyaratannya

Sedikitnya ada enam instansi yang masih sepi pelamar CPNS 2024--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seminggu setelah pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 pada 20 Agustus 2024, sudah banyak instansi pemerintah baik pusat maupun daerah membuka lowongan.

Pembukaan lowongan CPNS 2024 yang disediakan mencapai 2,3 juta. Banyak masyarakat berbondong-bondong untuk mencoba memasukan pendaftaran dari berbagai jenis latar belakang dan pengalaman.

Meskipun begitu, masih ada beberapa instansi yang sepi akan peminat, menandakan masih banyak kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba mengisi lowongan tersebut.

Hal ini terbilang wajar, pasalnya masih banyak instansi dan juga formasi dari instasi pemerintah baik di pusat atau daerah yang belum mengumumkan lowongan.

Sehingga, masih banyak pelamar yang menunggu instansi dan formasi yang akan dibuka. Namun dengan sepinya para pelamar CPNS 2024 pada berbagai instansi, bisa dijadikan pertimbangan bagi calon pelamar.

BACA JUGA:

Karena jika sedikit pendaftar, maka semakin besar juga peluang pelamar untuk bisa lolos dan diterima pada instansi tersebut.

Nah untuk kalian yang ingin mencoba melamar sebagai CPNS, masih ada beberapa instansi yang masih sedikit pelamarnya. Penasaran?

Melansir dari akun Instagram @dealls.jobs pada Jumat 30 Agustus 2024, sedikitnya ada enam instansi yang masih sepi pelamar CPNS 2024, diantaranya:

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

  • Formasi : 9.070
  • Pendaftar : 7.080

Syarat Daftar CPNS Kemenkumham 2024

  1. WNI, usia 18-28 tahun
  2. Memiliki tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm.
  3. Memiliki berat badan proposional
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Tidak buta warna baik total maupun parsial
  6. Mampu melakukan beladiri dan mahir dalam mengoperasikan komputer
  7. Tidak ada syarat rata-rata nilai ijazah

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)

  • Formasi : 4.215

Syarat Daftar CPNS Kemkominfo 2024

  1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih (surat keterangan catatan kepolisian wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan
  4. hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
  8. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.
  9. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar (surat keterangan sehat jasmani dan rohani wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  10. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (surat keterangan bebas narkoba/NAPZA wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  11. Bersedia mengabdi pada instansi pemerintah (Kementerian Kominfo/LPP RRI/LPP TVRI) dan tidak mengajukan pindah ke instansi lain dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 tahun sejak diangkat sebagai PNS (menandatangani surat pernyataan).
  12. Tidak pernah melakukan dan/atau terlibat tindakan pelanggaran seleksi.
  13. Tidak berstatus sebagai peserta lulus seleksi calon ASN yang sedang dalam proses pengusulan penetapan nomor induk pegawai.
  14. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

  • Formasi : 1.230
  • Pendaftar : 825

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: