Pori-pori Besar di Wajah Bikin Insecure? Cari Tahu Penyebab dan Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini!

Pori-pori Besar di Wajah Bikin Insecure? Cari Tahu Penyebab dan Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini!

Ilustrasi pori-pori besar di wajah --Foto: newsbytesapp.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pori-pori besar di wajah seringkali menjadi salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu penampilan. Namun, tak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan perawatan yang tepat. 

Sebelum membahas solusinya, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja penyebab pori-pori menjadi besar. Yuk, cari tahu apa saja penyebab pori-pori besar dan cara mengatasinya!

5 Penyebab Pori-pori Besar

1. Produksi Minyak Berlebih

Minyak berlebih atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya membesar. Kondisi ini sering terjadi pada kulit berminyak.

2. Sel Kulit Mati Menumpuk

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat menyumbat pori-pori. Akibatnya, pori-pori menjadi terlihat lebih besar.

3. Usia

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit menurun, termasuk elastisitas pori-pori. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar.

BACA JUGA:

4. Paparan Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Akibatnya, pori-pori menjadi lebih lebar dan terlihat lebih besar.

5. Genetik

Faktor genetik juga berperan dalam ukuran pori-pori. Jika anggota keluarga Anda memiliki pori-pori besar, kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: