Curi Perhatian di Istana Merdeka, Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Kenakan Pakaian Adat Papua

Curi Perhatian di Istana Merdeka, Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Kenakan Pakaian Adat Papua

Gibran Rakabuming dan Jan Ethes gunakan pakaian adat Papua saat ikut upacara di Istana Merdeka.--instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka hadir di Upacara HUT ke-79 RI di Istana Merdeka, di JAKARTA, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Gibran dan Jan Ethes, putra sulungnya menjadi sorotan lantaran mengenakan pakaian adat Papua lengkap dengan aksesori rumbai di kepala. 

Saat tiba di Istana, Gibran turut menyapa para tamu undangan yang hadir dan dengan penampilan Jan Ethes yang tampak menggemaskan tentunya menyedot perhatian tamu undangan yang ada disana.

Masyarakat ikut berbondong-bondong ingin bersalaman dengannya. Tahun ini menjadi kali pertama upacara HUT RI diadakan di dua tempat, yakni di Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara. 

BACA JUGA:

Presiden Jokowi memimpin di IKN, upacara di sana juga dihadiri presiden terpilih Prabowo Subianto. Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memimpin di Istana Merdeka yang didampingin Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Tema HUT ke-79 RI tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju" yang mencerminkan semangat transisi perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN. Upacara akan digelar dengan tata upacara militer dan dipimpin oleh Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Upacara akan dimulai 11.00 WITA dan disiarkan langsung ke seluruh penjuru negeri. Istana Merdeka Jakarta juga akan menerima pejabat dan tamu negara yang akan ikut upacara dari jarak jauh.

Memang, pakaian adat setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan. Pakaian adat salah satunya. Seperti rok rumbai yang dikenakan Gibran.

Pria Papua biasanya bertelanjang dada dan mengenakan celana rumbai yang terbuat dari daun sagu. Panjang rok rumbai ini umumnya sebatas lutut.

BACA JUGA:

Pria Papua juga mengenakan aksesori lain berupa gelang dan kalung yang terbuat dari taring babi atau gigi anjing. Ada juga yang menggunakan bulu burung cendrawasih. Semuanya ini melambangkan kejantanan pria sejati. 

Namun begitu, saat ini, sebelum mengenakan rok rumbai, kaum pria biasanya memakai celana pendek terlebih dulu, baru di luarnya mengenakan celana rumbai. 

Untuk hiasan kepala, kaum pria Papua juga mengenakan aksesori yang terbuat dari bulu burung kasuari berwarna coklat dan bulu kelinci berwarna putih. Bulu kelinci ada di bagian bawah, sementara bulu kasuari yang panjang di bagian atas. Bentuknya menyerupai mahkota indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: