Mengenal Manfaat Potensial Jamur Surai Singa yang Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Mengenal Manfaat Potensial Jamur Surai Singa yang Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi foto: Manfaat Lion's mane mushrooms--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jamur surai singa atau yang dikenal juga sebagai Hericium erinaceus unik karena bentuknya yang lebat. Saat tumbuh, jamur ini tumbuh ke bawah, membentuk surai singa. Jamur putih ini mengandung zat bioaktif yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan jantung, usus, dan otak. 

Sebagian besar penelitian tentang jamur surai singa dilakukan pada hewan (seperti tikus) dan bukan manusia. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana surai singa secara khusus memengaruhi manusia. 

Jamur ini banyak digunakan di negara-negara Asia seperti Korea, Jepang, India, dan Cina. Jamur surai singa memiliki rasa yang menurut banyak orang mirip dengan makanan laut.

Jamur ini dapat dimakan mentah, dikeringkan, atau dimasak. Sebagai suplemen, jamur ini tersedia dalam bentuk bubuk, cairan, dan kapsul.

BACA JUGA:

Jamur surai singa kaya akan vitamin seperti tiamin, riboflavin, dan niasin. Jamur ini juga merupakan sumber mineral penting seperti mangan, seng, dan kalium.

Penelitian menunjukkan bahwa surai singa mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan fungsi otak. Penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa obat tradisional ini dapat membantu banyak kondisi. 

Namun, penelitian pada manusia masih terbatas, dan belum ada produk yang terbuat dari jamur ini yang disetujui untuk mengobati kondisi apa pun. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat jamur lion's mane:

Melawan peradangan dan radikal bebas 

Banyak kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, radang sendi, dan kanker, melibatkan peradangan kronis dan efek molekul tidak stabil dalam tubuh kita yang disebut radikal bebas. Jamur surai singa mengandung antioksidan yang berpotensi kuat, yaitu zat yang membatasi kerusakan akibat radikal bebas. Jamur ini juga mengandung zat antiperadangan yang terbukti bermanfaat dalam penelitian pada hewan. 

Mengurangi kecemasan

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak jamur surai singa mengalami efek seperti antidepresan. Sebuah  studi pada manusia tahun 2010 , yang melibatkan wanita menopause yang mengonsumsi empat kue dengan jamur surai singa setiap hari selama sebulan, menemukan bahwa surai singa dapat mengurangi kecemasan dan depresi. 

Melindungi usus

Jamur surai singa mengandung probiotik , yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat dalam sistem pencernaan . Jamur ini juga mencegah pertumbuhan bakteri yang disebut H. pylori, yang dapat menyebabkan tukak lambung . Sebuah studi non-manusia tahun 2019 menunjukkan bahwa jamur surai singa dapat membantu mengobati tukak lambung. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum kita mengetahui apakah jamur ini dapat membantu mengobati tukak lambung pada manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: