8 Tips Mendukung Kewarasan dan Kesejahteraan Mental Pada Hewan Peliharaan, Simak Yuk!

8 Tips Mendukung Kewarasan dan Kesejahteraan Mental Pada Hewan Peliharaan, Simak Yuk!

Ilustrasi cara merawat hewan peliharaan.--unsplash.com

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Banyak hewan peliharaan, terutama anjing, memerlukan olahraga teratur. Ini berarti lebih banyak waktu berjalan-jalan dan di luar ruangan bagi pemiliknya. Aktivitas fisik dikenal sebagai penambah suasana hati yang baik, dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Selain itu, berada di luar ruangan dan berada di alam dapat semakin meningkatkan kesejahteraan mental.

Memberikan Pengalaman dan Pengayaan Baru

Sama seperti kita mengharapkan diri kita untuk mempraktikkan perawatan diri dan memiliki keseimbangan kehidupan kerja, peluang yang sama juga harus diberikan kepada hewan terapi kita. Pastikan Anda mengizinkan hewan terapi Anda melakukan aktivitas favoritnya, seperti berenang, bermain dengan mainan favorit, atau berlari jauh. Kegiatan pengayaan di rumah adalah cara lain yang baik untuk memastikan bahwa hewan Anda mendapat rangsangan yang tepat, terutama untuk spesies non-anjing yang mungkin memiliki kebutuhan pengayaan berbeda berdasarkan perilaku alami mereka. Anda dapat menemukan ide bagus untuk pengayaan spesies hewan peliharaan Anda dengan melakukan pencarian di internet untuk “ pengayaan [spesies] ”.

BACA JUGA:

Membangun Rutinitas dan Stabilitas

Merawat hewan peliharaan memang memerlukan rutinitas . Waktu makan, jalan-jalan, dan sesi bermain yang teratur dapat membantu menghadirkan struktur dan stabilitas dalam kehidupan kita dan hewan peliharaan Anda. Hal ini sangat berguna untuk kesehatan mental, karena rutinitas yang konsisten dapat memberikan rasa terkendali dan normal.

Kenali dan Respons Bahasa Tubuh

Seekor kucing kucing berjongkok di bawah perabot dengan pupil yang sangat melebar, menandakan ketakutan. Ada banyak aspek kunjungan yang dapat membuat stres bahkan bagi hewan terapi yang paling terlatih sekalipun. Paparan situasi stres yang terus-menerus dapat memperburuk kesehatan hewan terapi seiring berjalannya waktu. Lihatlah beberapa  cara untuk mengetahui anjing Anda stres saat berkunjung. Sebagai seorang pawang, Anda harus mengetahui secara spesifik bahasa tubuh hewan Anda. Mungkin kucing Anda selalu berjongkok dengan pupil melebar saat ia stres, atau kaki kuda mini Anda menempel ke tanah saat ia merasa kewalahan. 

Apa pun sinyal stres yang ditunjukkan hewan Anda, selalu pastikan untuk menghibur hewan Anda dengan PETS (Kehadiran, Kontak Mata, Sentuhan, Ucapan), atau jauhkan hewan Anda dari situasi tersebut dan beri mereka waktu untuk pulih sepenuhnya. Meskipun kunjungan Mitra Hewan Peliharaan bisa memakan waktu hingga dua jam per hari, sebaiknya persingkat kunjungan saat hewan Anda sedang stres. Hewan yang mengalami stres selama kunjungan kemungkinan besar akan bertindak negatif dan menimbulkan insiden, yang berdampak buruk bagi klien dan juga hewan tersebut. Istirahat yang teratur dapat mengurangi dampak situasi stres pada hewan terapi.

Sosialisasi dengan Hewan Lain

Untuk spesies sosial seperti anjing dan kucing, kesejahteraan mental sangat bergantung pada interaksi sosial yang teratur. Sosialisasi yang tepat juga membantu mencegah masalah perilaku, mengurangi kecemasan mereka terhadap hewan lain, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait tips mendukung kewarasan dan kesejahtaeraan mental pada hewan peliharaan yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: