Catat! Ini Batas Usia Pemakaian Baterai Mobil Listrik, Segini Harga Pergantiannya

Catat! Ini Batas Usia Pemakaian Baterai Mobil Listrik, Segini Harga Pergantiannya

Ilustrasi ketahanan masa penggunaan baterai listrik tergantung dari jenis baterai pada kendaraan. Namun umumnya baterai mobil listrik sekitar 10-15 tahun atau 200 ribu km--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Semakin hari popularitas mobil listrik semakin meningkat, hal ini lantaran banyak masyarakat yang beralih fungsi menggunakan mobil listrik dibandingkan mobil konvensional untuk mobilitasnya sehari-hari.

Selain itu, dukungan pemerintah terhadap minat beli masyarakat terhadap mobil listrik juga berpengaruh.

Dengan tujuan untuk mengalihkan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat.

Demi menunjuang kebutuhan mobilitas masyrakat, sudah banyak produsen kendaraan listrik yang beradu untuk membekali kendaraannya dengan kapasitas baterai yang cukup besar.

Daya tahan baterai mobil listrik dibuat lebih lama, sehingga konsumen tidak perlu terlalu sering untuk melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

BACA JUGA:

Tidak heran jika semakin banyak, produsen otomotif memberikan fasilitas dengan penambahan daya baterai untuk Jarak tempuh untuk para konsumennya.

Lantas berapa lama ketahanan baterai mobil listrik yang bagus? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasannya dalam artikel ini hingga tuntas.

Ketahanan Usia Baterai Mobil Listrik

Pada dasarnya ketahanan usia baterai mobil listrik berbeda-beda, hal ini tergantung dari jenis dan pengaturan kendaraannya.

Namun secara umum, usia rata-rata baterai mobil listrik adalah berkisar antara 10 sampai 15 tahun atau setara dengan 200 ribu kilometer.

Selain itu, usia baterai listrik juga dipengaruhi dari jenis baterai yang digunakan pada kendaraan tersebut. 

Akan tetapi, pada dasarnya baterai mobil listrik yang banyak digunakan saat ini merupakan jenis lithium ion

Baterai jenis ini akan mengalami siklus pengosongan saat dikendarai dan akan mengisi daya saat dicolokkan ke SPKLU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: