Ingin Baterai Mobil Listrikmu Tetap Awet? Ikuti Tips dan Trik Berikut ini Ya!

Ingin Baterai Mobil Listrikmu Tetap Awet? Ikuti Tips dan Trik Berikut ini Ya!

Cara jaga keawetan baterai mobil listrik--

Kebiasaan mengisi ulang daya sampai penuh, atau mencapai 100 persen, dapat memperpendek usia dan kapasitas baterai mobil listrik. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengisi daya hingga sekitar 80-90 persen untuk meminimalkan stres pada sel-sel baterai dan memperpanjang umur baterai secara keseluruhan.

 

4. Parkir di tempat yang teduh

Performa baterai mobil listrik yang terekspos suhu panas akan berkurang. Hal ini dikarenakan sistem termal pada unit baterai kendaraan akan bekerja lebih keras untuk menjaga kestabilan suhunya. Akibatnya, daya dan kapasitas baterai kendaraan listrik kamu akan lebih cepat habis. Untuk mencegah dampak negatif tersebut, pastikan kamu mencari tempat parkir yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

 

5. Hindari Benturan pada Baterai

Benturan atau goncangan keras dapat merusak sel-sel baterai dan mengganggu kinerja baterai secara keseluruhan. Seiring dengan itu, sel-sel baterai sangat sensitif terhadap benturan, sehingga penting untuk menghindari situasi yang dapat menyebabkan kerusakan fisik pada baterai.

 

6. Biasakan slow charging

Kamu perlu mengetahui bahwa metode pengisian ulang yang lebih cepat seperti fast charging dan ultra fast charging mengalirkan arus listrik dengan daya lebih tinggi. Apabila baterai kendaraan terlalu sering menerima aliran listrik bertegangan tinggi, performa selnya akan berkurang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: