Tips dan Trick Efektif untuk Mengatasi Laptop Freeze dengan Cepat dan Mudah!

Tips dan Trick Efektif untuk Mengatasi Laptop Freeze dengan Cepat dan Mudah!

Tips and Trick atasi laptop ngefreeze.-Foto: Unsplash.com/SimonHattingaVerschure-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Laptop dengan kondisi freeze atau hang biasanya sangat menganggu kegiatan aktivitas sehari-hari. Umumnya Laptop yang  mengalami freeze ini akan ditandai dengan kondisi layar Laptop hidup namun tidak bisa digerakan sama sekali.

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengatasi laptop nge-freeze, lebih baik simak dulu ulasan penyebabnya agar dapat menghindari masalah tersebut. Laptop freeze dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah:

  • Spesifikasi laptop rendah namun pemakaian yang Anda gunakan melebihi kapasitas laptop.
  • Overheating. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemakaian laptop yang terlalu lama hingga mesin laptop mengalami panas yang diluar batas wajar.
  • Terkena virus atau malware.
  • Membuka terlalu banyak program sehingga RAM dan CPU laptop bekerja lebih ekstra.

Ketika laptop mengalami masalah freeze, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut:

BACA JUGA:

Menggunakan Kombinasi Tombol

Kombinasi tombol ini merupakan shortcut atau cara cepat dan praktis supaya fungsi laptop kembali normal. Tekan bersamaan tombol Windows + Ctrl + Shift + B, dalam hitungan beberapa detik laptop Anda akan berfungsi lagi seperti biasa.

 

Restart Laptop

Laptop nge-freeze bisa kembali berfungsi dengan cara melakukan restart ulang, yaitu menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Atau menekan tombol power sambil ditahan 10-15 detik, dan nantinya laptop akan otomatis melakukan restart. Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai proses restart selesai.

 

Update Sistem Operasi dan Driver

Pastikan sistem operasi dan driver perangkat keras di laptop Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru. Perbarui laptop Anda dengan update terbaru untuk memperbaiki bug dan masalah yang mungkin terjadi.

 

Scan dan Hapus Virus atau Malware

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: