Rekrutmen CPNS 2024 Resmi Dibuka Sebanyak 2,3 Juta Posisi, Simak Rincian Formasi CASN!

Rekrutmen CPNS 2024 Resmi Dibuka Sebanyak 2,3 Juta Posisi, Simak Rincian Formasi CASN!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada konferensi pers pada Jumat, 5 Januari 2024, Presiden Joko Widodo mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dengan pembukaan 2,3 juta posisi. 

Jokowi menyampaikan fokus rekrutmen CPNS 2024 terbagi pada formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis, sesuai kebutuhan negara.

Presiden Jokowi menekankan pemberian peluang kepada lulusan baru dengan alokasi sebanyak 690 ribu formasi CPNS tahun 2024. 

Sementara itu, penataan tenaga non-ASN juga dilakukan melalui rekrutmen 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pemerintah berkomitmen menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database Badan Kepegawaian Negara (BKN) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. 

Tahun ini, rekrutmen dilakukan sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK. 

BACA JUGA:

Langkah ini diharapkan mendukung optimalisasi sumber daya manusia dalam menjawab kebutuhan sektor pendidikan, kesehatan, dan teknis di Indonesia.

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang diadakan oleh pemerintah ini merupakan respons terhadap disrupsi teknologi yang cepat. 

Dalam menghadapi era digital, pemerintah menyadari pentingnya menghadirkan pembelajar muda berkompeten dari berbagai bidang ilmu. 

Tujuan utama rekrutmen ini adalah untuk mendukung transformasi layanan publik menjadi lebih digital, meningkatkan efisiensi birokrasi, serta memperkuat kinerja dan akuntabilitas pemerintah.

Pemerintah memberikan seruan kepada talenta-talenta muda Indonesia yang memiliki potensi dan keahlian untuk memanfaatkan peluang rekrutmen Calon ASN tahun 2024. 

Mereka diundang untuk menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta berkontribusi dalam menciptakan pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: