Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse, Segera Rilis Film Terbarunya!

Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse, Segera Rilis Film Terbarunya!

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Jika bicara soal Disney, pasti sudah melekat di otak kita dengan karakter ikonik mereka yaitu seekor tikus dengan celana merah dan sepatu kuning besar.

Siapa lagi kalau bukan Mickey Mouse, karakter tikus yang digambarkan sangat ceria dan mempunyai banyak teman.

Karakter Mickey Mouse memang sudah melekat di kepala siapapun, sekali saja menyebut namanya, setiap orang yang ditanya pasti akan langsung mengetahuinya.

Tak terkecuali perusahaan yang sudah berdiri sejak abad ke 19 dan sudah memproduksi banyak sekali film animasi yang dapat dinikmati oleh setiap usia.

Disney merupakan salah satu rumah produksi animasi yang namanya sangatlah terkenal, ada banyak sekali karakter animasi menggemaskan keluaran rumah produksi ini.

Mulai dari karakter princess seperti Rapunzel, Cinderella, Snow White, sampai yang terbaru si kakak beradik yaitu Elsa dan Anna yang sudah menyihir banyak anak anak di setiap belahan dunia dengan paras cantik dan indahnya musim dingin serta salju dalam filmnya yaitu Frozen.

BACA JUGA:

Dibalik semua karakter dan kesuksesan Disney di dunia perfilman animasi, karakter pertama yang dibuat sudah pasti dan tidak bukan adalah sang bintang utama, tikus kesayangan kita, Mickey Mouse.

Sayangnya, terdapat kabar buruk yang menyebar belakangan ini mengenai karakter tikus imut menggemaskan ini. Pasalnya, Disney memutuskan untuk melepas hak cipta pada karakter Mickey Mouse.

Karakter Mickey Mouse secara resmi hak ciptanya berpindah ke domain publik pada tanggal 1 Januari 2024 lalu.

Namun, hak cipta yang dilepas oleh Disney tidak lah seluruh hak cipta atas karakter Mickey Mouse, melainkan pada salah satu desain karakter itu yang muncul pada seri animasi pendek hitam putih Disney Steamboat Willie pada tahun 18 November 1928.

Oleh karena itu, karakter Mickey Mouse pada animasi tersebut kini berstatus sebagai milik umum, atau domain publik setelah Disney kehilangan hak ciptanya.

Akibat kehilangan hak cipta, kini Disney tidak bisa lagi memonetisasi desain tersebut, sedangkan

masyarakat umum dapat menggunakan tokoh Mickey Mouse dengan desain dari animasi Steamboat Willie secara bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: