Kapan Jadwal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Imlek 2024? Simak Tanggal Merah Tahun Baru Cina

Kapan Jadwal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Imlek 2024? Simak Tanggal Merah Tahun Baru Cina

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Imlek, perayaan tahun baru masyarakat Tionghoa, selalu menarik perhatian setiap awal tahun. 

Tradisi unik yang dilakukan orang Cina seperti berbagi angpao dan memakai pakaian merah menjadi ciri khas perayaan Imlek.

Penetapan Tahun Baru Imlek selalu berubah karena menggunakan kalender Lunar, yang berbeda dari kalender Matahari seperti penanggalan masehi. 

Libur Imlek sering disertai cuti bersama, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan bersama keluarga dan kerabat. 

Lantas, kapan jadwal hari libur nasional dan cuti bersama Imlek 2024? Untuk informasi lengkapnya, simak penjelasan terkait tanggal merah tahun baru Cina dan cuti bersama ini.

BACA JUGA:

 

Kapan Imlek 2024?

Pemerintah telah mengumumkan jadwal libur Imlek 2024, yang berlangsung selama dua hari, yakni hari libur nasional dan cuti bersama Imlek.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Hari Raya Imlek jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, menyesuaikan kalender Masehi.

Penetapan Tahun Baru Imlek senantiasa berubah setiap tahunnya, dipengaruhi oleh kalender Lunar yang mengikuti siklus bulan dan matahari. 

China Highlights mencatat perbedaan sekitar 21-51 hari antara kalender China dan kalender Gregorian yang digunakan secara internasional.

Meskipun tanggal Tahun Baru Imlek selalu berubah, penetapannya selalu berada dalam rentang 21 Januari hingga 20 Februari. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: