3 Bandara di Indonesia Ini Masuk Daftar Paling Buruk di Mata Dunia Versi AirHelp

3 Bandara di Indonesia Ini Masuk Daftar Paling Buruk di Mata Dunia Versi AirHelp

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada 5 Desember 2023, AirHelp, lembaga konsumen penerbangan, merilis daftar bandara terburuk dan terbaik di dunia. 

Dalam perilisan AirHalp tersebut, terdapat 3 bandara di Indonesia yang masuk daftar paling buruk di mata dunia (internasional).

Dalam penilaian yang mencakup 194 bandara, kriteria seperti ketepatan waktu pemberangkatan, kepuasan pelanggan, dan fasilitas pelengkap di dalamnya menjadi fokus. 

Bandara Internasional Muscat (Oman) menempati posisi teratas, diikuti oleh Bandara Internasional Recife/Guararapes-Gilberto Freyre (Brasil), dan Bandara Internasional Cape Town (Afrika Selatan).

Sayangnya, Indonesia mendapat sorotan negatif dengan tiga bandara masuk ke dalam sepuluh terburuk di dunia. 

Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bahkan menjadi bandara terburuk di dunia pada tahun 2023. 

BACA JUGA:

Survei dilakukan dari 1 Januari hingga 30 September, melibatkan lebih dari 15.800 penumpang untuk menilai aspek-aspek kunci yang memengaruhi pengalaman penerbangan. 

Keberadaan bandara Indonesia di posisi terbawah menunjukkan adanya tantangan dalam meningkatkan kualitas layanan penerbangan di negara tersebut.

Bandara Syamsudin Noor, meskipun mendapat 6,39 poin secara keseluruhan, menunjukkan ketepatan waktu pemberangkatan yang rendah dengan hanya 6,39 poin. 

Kepuasan pelanggan juga terbilang rendah, mencapai 5,2 poin. Namun, fasilitas bandara seperti kelengkapan outlet pendukung mendapatkan poin cukup tinggi, yaitu 8.

Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali menempati posisi 189 atau enam terbawah, mendapatkan 6,55 poin secara keseluruhan. 

Tingkat keterlambatan pemberangkatan tinggi dengan hanya 5,5 poin, namun kepuasan pelanggan dan fasilitas pelengkap cukup tinggi, masing-masing 7,9 dan 8,3 poin.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: