Tegang! TNI Kirim 120 Prajurit ke Perbatasan Israel-Lebanon

Tegang! TNI Kirim 120 Prajurit ke Perbatasan Israel-Lebanon

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dilaporkan 120 TNI itu tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda Maritime Task Force (Satgas KONGA MTF). Mereka bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Lebanon.

Adapun penugasan di perbatasan Lebanon Israel selama kurang lebih 1 tahun ke depan.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara keberangkatan 120 prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda Maritime Task Force (Satgas KONGA MTF) XXVIII-O untuk bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bahwa ia bangga mengirim TNI ke perbatasan.

Dikutip Puspen TNI, Jenderal Agus menyampaikan rasa bangga melihat kesiapan prajurit Indonesia dikirim ke perbatasan Israel.

BACA JUGA:

Pengakuan itu disampaikannya saat pidato jelang keberangkatan 120 prajurit TNI ke daerah misi Lebanon.

Lebih lanjut, Jenderal Agus membeberkan alasan ratusan TNI dikirim ke perbatasan yang kini sedang mengalami ketegangan perang.

Agus juga mengingatkan situasi global saat ini, khususnya konflik Israel dan Palestina. Pasalnya konflik tersebut mempengaruhi stabilitas keamanan di perairan Lebanon, baik secara langsung maupun tidak.

Oleh karena itu, Panglima TNI meminta kewaspadaan maksimal dan kesiapsiagaan tinggi dari semua unsur satgas. Panglima Agus pun mengingatkan potensi bahaya asimetris di laut.

Ia mencontohkan seperti pembajakan dan perombakan yang bisa terjadi hingga dapat memicu instabilitas perdamaian Lebanon dan Israel.

BACA JUGA:

Saya sungguh merasa bangga mendengar dan melihat kesiapan TNI Angkatan Laut kita dalam menjalankan peran diplomasi militer di dunia internasional sebagai bagian dari pasukan perdamaian PBB, kata Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: