Mengenal Gerakan Perlawanan Taliban Hizbullah dan Hamas Serta Perbedaan Ketiganya

Mengenal Gerakan Perlawanan Taliban Hizbullah dan Hamas Serta Perbedaan Ketiganya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gerakan Perlawanan yang menggunakan prinsip Islam di Timur Tengah terutama Palestina, Lebanon  dan Afganistan banyak jenis dan organisasinya. Jika di Afganistan kita mendengar istilah Taliban, sementara di Palestina kita mendengar istilah Hamas  dan di Lebanon kita mendengar nama Hizbullah.

Jika dengan demikian apa perbedaan dari ketiga macam gerakan perlawanan di tiga negara di Timur Tengah ini.

Pertama jika Afganistan, Taliban  adalah gerakan perlawanan yang bergerak disekitar kawasan Afganistan. Taliban berdiri tahun 1994 dan menamakan diri mereka sebagai keamiran Islam Afganistan. Pendiri Taliban adalah Mullah Omar dan Abdul Ghani Baradar. 

Tujuan berdirinya Taliban untuk  memulihkan kedamaian di Afganistan, serta agama islam dengan cara mengangkat senjata atau melalui cara mereka sendiri. Mereka pada dasarnya ingin merebut kekuasaan dan melakukan perlawanan menurut keyakinan mereka sendiri.

BACA JUGA:

Sedangkan Hizbullah merupakan organisasi perlawanan yang ada di Lebanon Selatan. Pasukan Iran yang membentuk Hizbullah yang artinya adalah Partai Tuhan. Hizbullah ini, saat konflik Hamas-Isreal turut terlibat membantu Hamas

Keduanya antara Hizbullah dan Hamas punya satu musuh yang sama yakni sama-sama Isreal. kedua organisasi ini seperti terlihat bekerjasama untuk berperang melawan israel dan masing-masing memiliki kepentingannya. Amerika Serikat tidak menyukai Hamas dan Hizbullah, negara adidaya tersebut mengecap keduanya sebagai Teroris. 

Ideologi islam Hizbullah berbeda dengan Hama, Jika Hizbullah lah mereka ada syiah, Sedangkan Hamas yang merupakan Sunni. Hizbullah memiliki visi yang sama dengan Hamas yakni mau menghancurkan israel.  Hizbullah didirikan oleh Imad Mughniyah, Ali Akbar Mohtashamipour, Abbas a-Musawi, Ragheb Harb dan lainnya 

kemudian yang ketiga yakni Hamas, Orginasi ini merupakan gerakan Islam Sunni, ahlussunnah wal jamaah dan Nasionalisme Palestina, sebuah organisasi yang menginginkan kemerdekaan Bangsa Palestina dan cengkaraman Israel.

Gerakan Hamas ini memiliki keyakinan yang kuat bahwa kebangkitan mereka  merupakan titik masuk untuk  tujuannya membebaskan negeri Palestina dari Sungai ke Laut Hamas berdiri tahun 1987 oleh Ahmed Yassin, Hassan Yousef, Mahmoud al-Zahar, Abdel Aziz a-Rantissi, Ibrahim Al-Yazwari dan lainnya.  Kantor Pusat Hamas ada di Gaza. Itupula yang menjadikan Israel menggempur habis-habisan Gaza. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: