Memasuki Musim Hujan, Inilah Tips Agar Tetap Sehat dan Terhindar Dari Penyakit

Memasuki Musim Hujan, Inilah Tips Agar Tetap Sehat dan Terhindar Dari Penyakit

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Perubahan suhu dan cuaca membuat seseorang harus pintar menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit di musim hujan. Tak hanya manusia, tumbuhan, hewan, bahkan virus juga menyukai musim hujan

Namun saat musim hujan sistem kekebalan tubuh melemah dan jadi mudah terserang virus. Penyakit seperti batuk, pilek, dan alergi akan menyerang banyak orang pada saat musim hujan.

Pada satu sisi, hujan dapat membantu membersihkan udara dari polusi dan mengurangi suhu udara yang tinggi. Namun, pada sisi lain, hujan juga dapat memperburuk masalah kesehatan tertentu seperti infeksi saluran pernapasan dan kulit. 

Selama musim hujan, risiko terkena flu, batuk, dan pilek lebih tinggi karena kelembaban udara yang tinggi dan suhu yang rendah.

BACA JUGA:

Selain itu, hujan juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaan yang lembap seperti dinding rumah dan perabotan. 

Hal ini dapat memicu alergi dan masalah pernapasan pada orang yang rentan terhadap kondisi ini. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan sehat saat musim hujan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Minum Minuman Hangat 

Pada cuaca dingin, konsumsi minuman hangat adalah langkah yang tepat. Kamu bisa mengonsumsi minuman seperti teh hijau atau cokelat panas. Semangkuk sup panas juga bisa menjadi alternatif jika kamu ingin sekaligus mempraktikkan skill masakmu.

Konsumsi minuman atau makanan dengan kuah hangat bisa membantu mencegah demam atau infeksi lainnya yang mungkin terjadi karena perubahan temperatur.

  • Istirahat Yang Cukup

Hal simpel yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan yaitu dengan istirahat yang cukup. Mendapatkan istirahat yang ideal dan tidur berkualitas disebut sangat penting demi menjaga kekebalan tubuh.

Sedangkan jika Anda mendapat istirahat yang kurang dari enam jam akan membuat tubuh cepat merasa lelah dan akibatnya rentan terkena virus.

  • Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Hujan adalah waktu terbaik bagi virus dan bakteri berkembang biak. Untuk tetap sehat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dapat ditemukan pada makanan seperti jeruk, pepaya, nanas, dan lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen sebagai tambahan suplai vitamin.

  • Konsumsi Makanan Bergizi 

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan energi yang diperlukan untuk menghadapi cuaca ekstrem.

  • Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan dapat membuat kesehatan Anda tetap terjaga dari bahaya kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, kesehatan mental Anda juga membaik karena dapat meningkatkan mood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: