Doa dan Tata Cara Shalat Meminta Hujan, Cara Ampuh Menghadirkan Rahmat Allah

Doa dan Tata Cara Shalat Meminta Hujan, Cara Ampuh Menghadirkan Rahmat Allah

Khutbah terdiri dari 2 khutbah dengan cara berdiri dan sekali duduk diantara kedua khutbah. Sama seperti khutbah pada shalat Id, khatib membaca takbir sebanyak 9 kali pada khutbah kedua dan takbir sebanyak 7 kali pada khutbah kedua.

Adapun materi khutbah yang disampaikan dapat berupa ajakan untuk meminta ampunan atas segala dosa, bertaubat, serta memperbanyak istigfar kepada Allah SWT dengan harapan apa yang menjadi doa dan kebutuhan umat saat terjadi kekeringan ini dapat diijabah.

 

BACA JUGA:

 

Setiap mengakhiri khutbah, khatib disunnahkan untuk membaca doa, dengan cara membalikkan badan dan membelakangi jemaaah untuk menghadap kiblat. Kemudian menukar posisi selendang sorban di pundaknya, seraya mengangkat kedua tangan.

 

Selain sebagai bentuk pengakuan, shalat meminta hujan juga sebagai bentuk ibadah. Sebagaimana disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW, shalat meminta hujan adalah salah satu shalat yang sangat diinginkan oleh Allah SWT dan memberikan banyak pahala kepada pelakunya.

Dalam hadis tersebut juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad memerintahkan umat Islam untuk meninggalkan aktivitas di ladang dan di rumah, sekaligus mempersiapkan diri dengan berdoa dan bertaubat kepada Allah SWT agar hujan segera turun.

Bayangkan, dengan berdoa dan bertaubat, kita bisa mendapatkan pahala yang besar dan sekaligus mendapatkan keberkahan Allah dalam bentuk hujan yang sangat dibutuhkan.

 

Terlepas dari segala manfaat dan keutamaan shalat meminta hujan, kita sebagai umat Islam harus selalu berusaha untuk menjaga hubungan kita dengan Tuhan.

Shalat meminta hujan adalah salah satu cara untuk memperkuat ikatan tersebut. Kita harus mengingat bahwa doa adalah salah satu senjata ampuh yang dimiliki oleh seorang mukmin. Dengan berdoa dan berharap kepada-Nya, kita juga akan memperoleh ketenangan dan kedamaian dalam hati.

Dalam kehidupan sehari-hari, cuaca dan iklim dapat berubah-ubah dengan cepat. Kekeringan, banjir, dan bencana alam lainnya bisa menyebabkan berbagai masalah dan penderitaan yang serius.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melaksanakan shalat meminta hujan secara rutin sebagai bentuk upaya kita untuk memperoleh rahmat dan keberkahan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: