Simak Daftar Wilayah Yang Akan Di Guyur Hujan Berdasarkan BMKG; Aceh, Sumatera Utara, Dan Kalimantan

Simak Daftar Wilayah Yang Akan Di Guyur Hujan Berdasarkan BMKG; Aceh, Sumatera Utara, Dan Kalimantan

RADARPENA.CO.ID - Menurut Badan Meteorologi, klimitologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan beberapa wilayah yang berpotensi turun hujan lebat hari Minggu, 22 Oktober 2023.

Informasi tersebut disampaikan BMKG pada Sabtu, 21 Oktober 2023 melalui unggahan di Instagram @infobmkg.

“Pemeriksaan wilayah kemungkinan terdampak di Indonesia besok dan lusa dengan kategori dan Waspada dan Waspadadaan terhadap bencana hidrometeorologi akibat kemungkinan hujan lebat,"bunyi unggahan tersebut.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto juga memastikan hujan dan beberapa hujan lebat lainnya akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada akhir Oktober 2023.

Dikutip dari kompas.com “Rata-rata Indonesia bagian utara garis khatulistiwa pada periode 22 Oktober 2023 beberapa hari” Ke depan mungkin sampai 24 Oktober 2023 akan terjadi hujan lebat,” Ujarnya.

BACA JUGA: Data 7 Terakhir BMKG Mengenai Suhu Panas Di Provinsi Lampung, Adapun Juga Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Di Cuaca Yang Panas

BACA JUGA:Diperkirakan Hujan Akan Turun Awal November, Simak Prakiraan BMKG

Kondisi ini diperkirakan akan berlanjut hingga tiga hari ke depan

Guswanto melanjutkan, prakiraan cuaca berdasarkan dampak hujan lebat tersebut akan dirilis dalam tiga hari ke depan.

“Prakiraan berdasarkan pengaruh hujan lebat bila ditarik garis tersebut muncul di wilayah utara garis khatulistiwa, (misalnya) Palu Pontianak Timur, Sorong, Aceh, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Maluku,” dia melanjutkan.

Sementara itu, kata dia, wilayah Indonesia di selatan garis khatulistiwa masih mengalami kekeringan.

Kondisi ini disebabkan musim hujan di Indonesia tidak terjadi pada waktu yang bersamaan, Jadi sebagian daerah sudah diguyur hujan dan sebagian lagi masih mengalami suhu hangat.

“Wilayah selatan khatulistiwa seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara masih mengalami kekeringan dan suhu panas.” dia melanjutkan.

Di wilayah selatan khatulistiwa, musim hujan diperkirakan akan dimulai pada bulan November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: