Keindahan Wisata Alam Air Terjun Kapas Biru Lumajang, Yang Pancarkan Daya Tarik Wisatawan Lokal

Keindahan Wisata Alam Air Terjun Kapas Biru Lumajang, Yang Pancarkan Daya Tarik Wisatawan Lokal

RADARPENA.CO.ID - Air Terjun Kapas Biru merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang - Kabupaten Lumajang. 

Pemandangan disekitar Air Terjun yang terletak di elevasi 500 Mdpl ini sangat indah karena dikelilingi tebing-tebing tinggi berwarna coklat kemerahan dengan sisipan lumut-lumut hijau serta rimbunnya pepohonanan disekitarnya. 

Debit airnya cukup deras terlebih saat musim penghujan sehingga sangat berbahya jika berada tepat dibawah guyuran air terjun ini. Daya tarik utama dari Air Terjun Kapas Biru adalah ketinggiannya yang diperkirakan mencapai 100 meter dan dikelilingi oleh tebing dan juga hutan yang masih sangat alami. 

Air terjun dengan dua tingkatan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Daya tarik lainnya dari Air Terjun Kapas Biru adalah pemandangan pada saat perjalanan menuju air terjun. 

Di mana wisatawan akan disuguhi pemandangan yang masih asri dan indah sepanjang perjalanan. Selain Air Terjun Kapas Biru, ada juga objek wisata lain yang menarik di sekitar area ini. 

BACA JUGA:

Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes atau yang lebih dikenal dengan nama Niagara Mini Tumpak Sewu. Jadi, jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun-air terjun yang menawan lainnya.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata yang satu ini masih sangat terjangkau. Di mana setiap orang akan dikenai biaya sebesar Rp10.000 dan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp5.000 serta kendaraan roda empat sebesar Rp10.000 saja.

Jika ingin melakukan camping maka tidak ada biaya tambahan, tapi jika ingin menggunakan guide saat camping bisa meminta kepada pengelola dengan membayar sebesar Rp150.000 saja.

Terkait dengan jam buka buka setiap hari dari jam 08:00 WIB sampai jam 15:00 WIB, tetapi jika ingin camping, maka bisa berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata Air Terjun Kapas Biru.

Jalan menuju air terjun Kapas Biru berangkat dari Malang arahkan kendaraan menuju Kepanjen - Gondanglegi - Turen - Dampit - Tirtoyudo kemudian sampai di Ampelgading kemudian Pronojiwo hingga akhirnya sampai di Polsek Pronojiwo. Dari situ, wisatawan bisa mengikuti petunjuk jalan yang ada.

Perjalanan dari Malang sekitar 70 kilometer dan perkiraan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Bagi yang berangkat dari kota Lumajang, jaraknya sekitar 50 kilometer dengan mengendarai kendaraan di Jalan Nasional Lumajang - Malang. Setelah 300 meter dari lapangan Pronoyivo, wisatawan akan menemukan spanduk di Coban Kapas Biru.

Air terjun yang memiliki ketinggian kurnag lebih 100 meter dan air terjun ini juga bertingkat. Ketika disinari matahari air terjun yang mengalir diantara dua tebing ini akan membentuk titik seperti tirai kabut yang indah.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: