Hobi Nulis? Inilah Rekomendasi Aplikasi Menulis Novel Berbayar Dan Terbukti Hasilkan Cuan!

Hobi Nulis? Inilah Rekomendasi Aplikasi Menulis Novel Berbayar Dan Terbukti Hasilkan Cuan!

Platform menulis novel ini terkenal di kalangan ibu-ibu. Awal mula KBM Apps berdiri dari Komunitas Bisa Menulis (KBM) yang ada di Facebook. Komunitas ini digawangi oleh Isa Alamsyah, penulis sekaligus suami dari Asma Nadia sang penulis beberapa novel best seller. Komunitas ini memiliki anggota yang banyak, mayoritas adalah ibu-ibu. Oleh karena itu cerita yang diangkat mayoritas adalah cerita tentang rumah tangga. Nah, jika ingin merasakan dapat uang dari menulis novel online, penulis bisa mengaktifkan fitur monetize. Secara otomatis cerita akan terkunci pada bab 8, untuk membukanya pembaca bisa membeli koin. Nah, penulis akan mendapatkan sharing royalti dari pembaca yang membeli koin. Kalau tidak salah, sharing royaltinya sebesar 70:30 untuk penulis:aplikasi. Lantaran berawal dari komunitas, penulis juga bisa sharing rutin banyak hal mengenai kepenulisan, promo, cara menulis di apps, bagaimana bisa meningkatkan penghasilan, dan masih banyak lainnya.

 

  • Dreame

Para penulis novel bisa tulis novel dapat uang dengan menggunakan aplikasi Dreame. Dalam aplikasi tersebut menyediakan banyak cerita yang gratis maupun berbayar. Untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini menggunakan beberapa jalur, diantaranya:

Jalur Wattpad – Dengan cara ini penulis harus memiliki minimal 100 ribu viewers di Wattpad. Dengan menggunakan jalur ini penulis bisa langsung menandatangani kontrak dengan dreame untuk bisa menghasilkan uang.

Jalur seleksi naskah – Proses ini membutuhkan waktu 1 sampai dua bulan untuk naska bisa di approve oleh pihak Dreame.

Jalur mengumpulkan love dan subscribe – Cara ketika adalah menghasilkan uang dari jumlah love dan juga banyaknya pembaca yang memasukkan cerita ke library bacaan.

BACA JUGA:

GoodNovel merupakan aplikasi menulis dan membaca novel online yang berbasis di singapura. Dengan tulis novel dapat uang bisa dilakukan melalui menggunakan aplikasi ini. Penulis yang mempublikasikan ceritanya di GoodNovel akan mendapatkan reward yang lumayan besar. Penulis akan mendapatkan reward tersebut dengan memenuhi beberapa syarat tertentu. Sebagai syarat awal penulis harus menulis dalam jumlah kata tertentu yaitu 5000 kata agar tulisan dapat ditinjau oleh editor. Selanjutnya penulis bisa membuat kontrak tulisan. Penulis bisa mendapatkan uang dari hasil kontrak yang berhasil dilakukan dengan aplikasi GoodNovel. Selain itu, penulis juga bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan bab berbayar, memenuhi jumlah kata tertentu dan menyelesaikan novel. Semua pendapatan tersebut diberikan dalam bentuk dollar dan biasanya ditransfer lewat Paypal.

 

  • Fizzo Novel

Di Fizzo Novel, ada dua opsi yang bisa dipilih oleh pengguna untuk menghasilkan uang yakni dengan menulis cerita atau iktu program Fizzo Bonus. Jika menjadi penulis, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti hadiah royalti sign bagi penulis yang novelnya berhasil terbit di aplikasi. Itu belum ditambah dengan biaya tanda tangan, bonus penyelesaian novel, hadiah pembaharuan harian sampai dengan hadiah referral. Selain itu, ada juga program-program tambahan yang sifatnya eksklusif yang penting rajin posting cerita di aplikasi secara langsung. Menariknya, setiap penulis akan mendapatkan bantuan editorial yang memungkinkan anda dapat saran, tanggapan dan masukkan tekrait dengan novel atau cerita yang dibuat. Disisi lain, jika tak ingin jadi penulis, anda bisa memanfaatkan program hadiah Fizzo yang belum lama ini diluncurkan di dalam aplikasi. Program hadiah tersebut memungkinkan anda mendapatkan ratusan sampai jutaan rupiah secara gratis. Apa saja tugasnya? Tugasnya cukup beragam mulai dari undang teman, check in harian serta aktif membaca dalam durasi tertentu, 15-180 menit misalnya. Jadi, tinggal pilih mau ikut ambil bagian dalam program mana. 

 

  • Karya Karsa

Karya karsa adalah platform yang memungkinkan kreator bertemu dengan fans langsung untuk mendapatkan dukungan dari aktivitas yang dilakukan. Jika anda suka menulis cerita seperti cerpen, cerber atau novel, bisa posting karya anda di situs, yang saat ini sudah punya versi aplikasi. Sistem bayarannya tak jauh beda dengan storial. Dimana, apabila ada pengguna yang suka karya anda, mereka bisa membeli karya tersebut. Menariknya, dari data yang dikumpulkan platform, 3-5% pengikut atau fans rela membayar untuk membeli karya anda. Dengan catatan, anda konsisten memposting tulisan atau karya setiap minggu. Misalnya, jika rencana buat novel, bisa tulis dalam jangka waktu seminggu atau dua minggu. Lalu edit dan posting di situs ini. Dan apabila pakai hitung-hitungan diatas, maka anda bisa dapat jutaan rupiah dari tulisan yang di posting. Contoh saja, anda buat 4 karya dalam sebulan dengan harga per karya adalah Rp15.000. Estimasi pengikut atau follower anda 10.000. Dari data tersebut, berarti anda punya pengikut atau yang melakukan pembelian adalah 1200 orang. Coba di kali dengan Rp15.000 maka hasilnya ada Rp18 juta. Menarik, bukan?

Demikianlah, ulasan mengenai rekomendasi aplikasi menulis novel yang berbayar dan terbukti hasilkan cuan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: