Klasemen Perolehan Medali Indonesia di Asian Games 2023

Klasemen Perolehan Medali Indonesia di Asian Games 2023

RADARPENA.CO.ID - Indonesia memberangkatkan total 413 atlet dengan dipimpin Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Chef de Mission kontingen. Basuki didampingi Jadi Rajagukguk sebagai wakil CdM selama Asian Games ke-19 berlangsung.

Awalnya Indonesia akan ikut di 31 cabang olahraga dan mengirimkan 415 atlet. Namun cabor golf di saat akhir memilih mundur dan batal tampil di Asian Games Hangzhou. Dua atlet golf Indonesia tak jadi diberangkatkan ke China.

"Golf dengan terpaksa mengundurkan diri mengingat mekanisme dalam proses perhitungan poinnya tidak memungkinkan kita untuk mendapatkan medali jika hanya turun di nomor individu. Kami sebenarnya sudah berusaha memasukan nama-nama atlet, kami masukan untuk nomor tim tapi ternyata saat dimasukan ITO (Internatioal Technical Officer) tidak menerima, karena sudah dilakukan undian jadi tidak memungkinkan lagi berubah," kata Ketua Komite Olahraga (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam pengukuhan tim Indonesia di Auditorium Kementerian PU-PR, Jakarta, Selasa, 19 September 2023.

Asian Games ini secara spesifik juga cuma dijadikan sasaran antara menuju Olimpiade. Pasalnya menurut DBON, pemerintah mengharapkan peningkatan prestasi di ajang olahraga multievent terakbar dunia.

BACA JUGA:

Terhitung pada pukul 08.48 WIB, Indonesia berada di peringkat 12 pada klasemen perolehan medali dengan total 16 medali, dengan rincian 3 medali emas, 3 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Medali-medali tersebut sejauh ini diraih dari cabang olahraga menembak, wushu, skateboard, dayung, tenis, dan sepak takraw.

Atlet menembak, Muhammad Sejahtera Dwi Putra, dan atlet wushu, Harris Horatius, menjadi atlet Indonesia yang sejauh ini sudah mempersembahkan medali emas.

Hingga Jumat (29/9/2023) pagi WIB, tuan rumah perkasa. Cina memimpin perolehan medali. Total medali yang telah diraih para atlet negeri tirai bambu mencapai 167.

Perinciannya, 90 emas, 51 perak, dan 26 perunggu. Tuan rumah unggul jauh atas lawan-lawannya. Korea Selatan di urutan kedua.

Wakil negeri ginseng sudah mengumpulkan total 86 medali. Perinciannya 24 emas, 23 perak, serta 39 perunggu. Lalu Jepang di tangga ketiga.

Para jawara asal Negeri Matahari Terbit sudah mengumpulkan total 78 medali. Perinciannya, 18 emas, 30 perak, serta 30 perunggu. Jepang unggul jauh atas Uzbekistan di urutan keempat.

Uzbekistan mengumpulkan total 31 medali. Perinciannya, enam emas, 10 perak, serta 15 perunggu. Lalu India di posisi kelima.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: