Inilah Daftar Lengkap Nama Pemain Yang Masuk Nominasi Peraih Ballon d'Or 2023

Inilah Daftar Lengkap Nama Pemain Yang Masuk Nominasi Peraih Ballon d'Or 2023

Ballon d'Or 2023 - Ballon d'Or merupakan penghargaan individual yang didambakan pemain bintang seluruh pesepakbola di dunia. Kini puluhan nama pesepakbola papan atas masuk ke dalam nominasi berdasarkan rilis majalah France Football.

Dari puluhan nama itu, beberapa di antaranya mendapat sorotan, karena memperlihatkan performa bagus, baik di klub maupun tim nasional. Performa di Piala Dunia 2022 pun ikut masuk ke dalam penilaian tersebut.

Akun resmi Ballon d'Or telah mengumumkan nama-nama yang menjadi nominasi peraih penghargaan pesepakbola terbaik di dunia tersebut.

Beberapa nama seperti Erling Halaand, Kylian Mbappe hingga Liones Messi masuk dalam daftar. Namun nama peraih 5 Ballon d'Or Cristiano Ronaldo tak menjadi kandidat pada tahun ini.

Akun resmi Ballon d'Or mengumumkan 30 nama kandidat peraih Ballon d'Or 2023. 15 nama di antaranya untuk pertama kalinya masuk dalam nominasi penghargaan ini, yakni:

BACA JUGA:

Julian Alvarez, Jude Bellingham, Yassine Bounou, Ilkay Guendogan, Josko Gvardiol, Kim Min Jae, Randal Kolo Muani, Khvicha Kvaratskhelia, Emiliano Martinez, Jamal Musiala, Martin Odegaard, Andre Onana, Victor Osimhen, Rodri, dan Bukayo Saka untuk kali pertama masuk daftar kandidat pemenang Ballon d'Or.

Sementara itu, Lionel Messi kembali masuk nominasi peraih Ballon d'Or setelah absen di tahun 2022. La Pulga dimasukkan daftar kandidat setelah sukses memenangkan trofi Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina.

Juara bertahan Ballon d'Or, Karim Benzema, kembali masuk dalam daftar kandidat. Bomber Prancis itu terpilih dalam nominasi peraih Si Bola Emas untuk yang kesepuluh kalinya.

Benzema bersama Yassine Bounou menjadi dua pemain Saudi Pro League yang masuk daftar kandidat juara Ballon d'Or. Bintang Liga Arab Saudi lainnya sekaligus pemilik lima Bola Emas, Cristiano Ronaldo, tidak ada dalam daftar nominasi tahun ini.

Seperti biasa, setiap tahunnya Ballon d'Or akan terlebih dahulu merilis daftar nominasi para pesaing. Biasanya, France Football akan merilis daftar 30 besar calon pemenang yang kemudian akan terus mengerucut sampai tiga besar.

Tahun 2022 lalu, Karim Benzema berhasil terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or. Performa Benzema sepanjang musim 2021/2022 dianggap paling menonjol di antara pemain-pemain lain.

Daftar Lengkap Nominasi Ballon d'Or 2023

  1. Josko Gvardiol (Manchester City)
  2. Andre Onana (Manchester United)
  3. Karim Benzema (Al Ittihad)
  4. Jamal Musiala (Bayern Munich)
  5. Mohamed Salah (Liverpool)
  6. Jude Bellingham (Real Madrid)
  7. Bukayo Saka (Arsenal)
  8. Randal Kolo Muani (PSG)
  9. Kevin De Bruyne (Manchester City)
  10. Bernardo Silva (Manchester City)
  11. Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)
  12. Emi Martinez (Aston Villa)
  13. Ruben Dias (Manchester City)
  14. Nicolo Barella (Inter Milan)
  15. Erling Haaland (Manchester City)
  16. Martin Odegaard (Arsenal)
  17. Ilkay Gundogan (Barcelona)
  18. Julian Alvarez (Manchester City)
  19. Yassine Bounou (Al Hilal)
  20. Vinicius Junior (Real Madrid)
  21. Rodri (Manchester City)
  22. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
  23. Lionel Messi (Inter Miami)
  24. Lautaro Martinez (Inter Milan)
  25. Robert Lewandowski (Barcelona)
  26. Kylian Mbappe (PSG)
  27. Kim Min-Jae (Bayern Munchen)
  28. Luka Modric (Real Madrid)
  29. Harry Kane (Bayern Munchen)
  30. Victor Osimhen (Napoli)

Itulah, beberapa nama pemain yang menjadi kandidat pemenang trofi Ballon d'Or 2023. Klub terbanyak yang menyumbang pemain sebagai kandidat yakni Manchester City. Total tujuh penggawa The Citizens bersaing memenangkan gelar pemain terbaik dunia tahun ini.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: