Steve Harwell, Mantan Vokalis Smash Mouth Meninggal Akibat Gagal Hati Yang Dialaminya

Steve Harwell, Mantan Vokalis Smash Mouth Meninggal Akibat Gagal Hati Yang Dialaminya

Steve Harwell Meninggal Dunia - Steve Harwell dilaporkan menderita gagal hati setelah berjuang seumur hidup melawan penyalahgunaan dan kecanduan alkohol. Menurut DailyMail, gagal hati atau hilangnya fungsi hati, jarang terjadi dan membunuh sekitar 50.000 orang dewasa di Amerika setiap tahunnya. 

Diperkirakan 5,5 juta orang diperkirakan menderita sirosis, atau jaringan parut parah pada hati yang sering kali disebabkan oleh alkoholisme, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Steve Harwell meninggal dunia dalam usia 56 tahun di Boise, Idaho. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Steve Harwell meninggal dunia akibat gagal hati. Kabar meninggalnya Steve Harwell dikonfirmasi oleh manajer band, Robert Hayes.

Ia memiliki seorang putra bernama Presley Scott Harwell dari pernikahan dengan mantan istrinya, Michelle Laroque. Namun Presley meninggal pada Juli 2001 karena leukemia limfositik akut.

Hayes tidak merinci penyebab kematian Harwell, tapi ia mengatakan bahwa penyanyi itu mengidap gagal hati. Harwell telah menghadapi banyak masalah kesehatan lainnya dalam beberapa tahun terakhir, sejak diagnosis penyakit jantung kardiomiopati pada tahun 2013 dan gangguan neurologis, ensefalopati Wernicke akut, yang memengaruhi kemampuan bicara dan ingatannya. Selain itu, ia juga mengalami kecanduan alkohol.

BACA JUGA:

“Dia dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman dan meninggal dengan damai dan nyaman," kata Robert Hayes dalam sebuah pernyataan. Band Smash Mouth juga turut memberikan penghormatan kepada Steve Harwell melalui Instagram.

“Steve Harwell adalah orang asli Amerika sejati. Karakter yang lebih besar dari kehidupan yang melesat ke langit seperti lilin Romawi. Steve harus diingat karena fokusnya yang tak tergoyahkan dan tekadnya yang berapi-api untuk mencapai puncak ketenaran pop," tulis Smash Mouth. Smash Mouth mengakui kiprah Steve Harwell di industri musik sangat mentereng.

Sebagai informasi, Steve Harwell merupakan salah satu orang yang membentuk Smash Mouth dengan drummer Kevin Coleman, gitaris Greg Camp dan bassis Paul De Lisle pada tahun 1994. Mereka pun mengeluarkan single hit yang berjudul “All Star" (1999), “Walkin' on the Sun," "Can't Get Enough of You Baby" dan "Why Can't We Be Friends."

Pada tahun 2016 selama tur konser live di Stage, Steve Harwell pingsan di atas panggung dan dilarikan ke rumah sakit. Ia kemudian pulih dan melanjutkan tur musik rocknya hingga tahun 2023. Salah satu konser terakhirnya di atas panggung adalah di konser Orem Utah Scera Shell pada 27 Mei 2023.

Gejala gagal hati seperti yang dialami Steve Harwell termasuk sakit perut, penyakit kuning, dan kelelahan parah. Pasien mungkin juga memiliki urin berwarna gelap dan feses berwarna tanah liat. Menurut sebuah sumber, Steve Harwell sebelumnya memang telah mengalami masalah kesehatan medis.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: