Fakta Menarik Xabi Alonso Pelatih Bayer Leverkusen

Fakta Menarik Xabi Alonso Pelatih Bayer Leverkusen

Xabi Alonso - Alonso memulai kariernya di Real Sociedad, tim utama di provinsi tempat tinggalnya Gipuzkoa. Setelah masa pinjaman singkat di SD Eibar, ia kembali ke Sociedad dan kemudian oleh manajer John Toshack ditunjuk sebagai kapten tim.

Alonso berkontribusi penting dalam membawa Real Sociedad ke peringkat dua di musim 2002-03. Dia pindah ke Liverpool pada bulan Agustus 2004 dengan nilai £ 10.500.000.

Ia memenangkan Liga Champions di musim pertamanya di klub, mencetak gol penyama kedudukan di Final. Musim berikutnya, ia memenangkan Piala FA dan Community Shield.

Dia pindah ke Real Madrid di awal musim 2009-10 dalam sebuah kesepakatan senilai sekitar £ 30 juta. Setelah lima musim di klub, memenangkan penghargaan termasuk gelar liga pada 2012 dan Liga Champions pada 2014, ia dikontrak oleh Bayern Munich senilai £ 5 juta.

Setelah kegagalan Spanyol untuk maju dari babak grup di Piala Dunia 2014, Alonso pensiun dari sepak bola internasional pada 27 Agustus 2014.

BACA JUGA:

Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2017, Xabi Alonso semakin mantap menapaki karier sebagai pelatih. Baru-baru ini dia diperkenalkan sebagai manajer anyar Bayer Leverkusen.

Pria asal Spanyol tersebut ditunjuk sebagai juru taktik Leverkusen terhitung sejak 5 Oktober 2022. Dia menjadi suksesor Gerardo Seone yang didepak manajemen Die Werkself.

Namun, dalam dunia kepelatihan, Xabi Alonso masih tergolong pendatang baru. Pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut dua kali menangani klub profesional.

Berikut fakta menarik Xabi Alonso dalam kariernya sebagai pelatih.

Real Madrid U-14

Xabi Alonso mengawali karier sebagai pelatih dengan menukangi tim junior Real Madrid. Dia diangkat sebagai manajer Real Madrid U-14 pada 28 Agustus 2018. Namun, kariernya bersama tim junior El Real hanya berlangsung selama setahun. Dia kemudian diangkat sebagai Real Sociedad B yang bermain di Divisi Segunda B. Dia meneken kontrak bersama mantan klubnya tersebut pada 1 Juli 2019 dan berakhir pada 30 Juni 2022. Artinya, dia memimpin Real Sociedad B selama kurang lebih 3 musim.

Naik dan Turun Kasta

Xabi Alonso menangani Real Sociedad B sejak masih bermain di Divisi Ketiga Liga Spanyol. Dia mampu membawa klub tersebut promosi ke Divisi Kedua. Real Sociedad B naik kasta lewat jalur play-off pada tahun 2021. Mereka mengalahkan Algeciras dengan skor 2-1 untuk kembali ke divisi kedua setelah kurang lebih 40 tahun. Sayangnya, sebelum Xabi Alonso meninggalkan klub, Real Sociedad B kembali turun kasta. Mereka hanya mampu finis di posisi ke-20 klasemen akhir Divisi Segunda dengan 40 poin.

Formasi Favorit

Xabi Alonso punya formasi favorit sebagai manajer. Pelatih asal Spanyol tersebut kerap menggunakan format 4-2-3-1, terutama pada awal-awal menukangi Real Sociedad B. Namun, belakangan dia juga mencoba beberapa formasi berbeda. Seperti 4-1-4-1, 4-3-3 attacking hingga 4-4-2 double 6. Bahkan, pada laga-laga terkahirnya bersama Real Sociedad B, Xabi Alonso lebib sering mengandalkan formasi 3 bek yakni 3-4-3.

Dia sudah masuk dalam buku sejarah Leverkusen

Hanya enam bulan setelah menduduki kursi panas, Alonso membimbing Werkself meraih tujuh kemenangan berturut-turut. Dengan demikian, ia menjadi pelatih Leverkusen pertama yang mencapai prestasi tersebut sejak Klaus Toppmöller pada tahun 2002. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: