Kumpulan Pantun Lucu Ngakak 4 Baris, Lucu dan Menghibur Yuk Simak!

Kumpulan Pantun Lucu Ngakak 4 Baris, Lucu dan Menghibur Yuk Simak!

Pantun 4 Baris - Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal di Nusantara.  Pada jaman dahulu, pantun disusun menggunakan bahasa melayu, sebab masyarakat Melayu kebiasaan menyukai kata - kata kiasan untuk berkomunikasi.

Pantun memiliki nama lain dalam bahasa-bahasa daerah, seperti dalam bahasa Jawa, Pantun dikenal dengan kata parikan, sementara dalam bahasa Sunda Pantun disebut paparikan dan dalam bahasa Batak, Pantun dikenal dengan sebutan umpasa.

Pantun memiliki beberapa jenis berdasarkan isinya, salah satu contohnya yaitu pantun yang menarik dan  lucu yang bisa membuat orang lain terhibur.

Secara umum struktur pantun berisi 4 baris, baris pertama dan kedua disebut dengan sampiran, sementara baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

BACA JUGA:

Setiap larik pada pantun umumnya terdiri atas empat kata dimana baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran dan baris ketiga dan  keempat sebagai isi.

Berikut ini macam - macam jenis pantun :

Jenis - Jenis Pantun 

Pantun Percintaan

Pantun percintaan berisi ungkapan hati seseorang akan perasannya terhadap orang lain, yaitu orang yang sedang ada dalam hatinya. Sering pula pantun ini berisi candaan terhadap orang yang dimabuk cinta.

Pantun Nasihat

Pantun nasihat sendiri memiliki isi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan moral dan didikan. Pantun nasihat ini biasanya memiliki pesan-pesan bijak yang mengajak untuk berbuat baik.

Pantun Agama

Pantun agama berisikan pesan moral serta didikan, pantun agama juga membahas mengenai manusia dan sang penciptanya.

Pantun Adat

Pantun adat adalah pantun yang berisi tentang hal-hal berbau adat dan budaya.

Pantun Peribahasa

Pantun ini merupakan jenis pantun yang terdapat kalimat peribahasa yang umumnya memiliki susunan tetap.

Pantun Kiasan

Pantun kiasan merupakan jenis pantun yang memuat sejumlah kalimat kiasan.

Pantun Jenaka

Pantun jenaka digunakan untuk menghibur atau bisa juga digunakan untuk saling menyindir namun dalam suasana hangat dan akrab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: