Lirik Shalawat Jibril Versi Pendek Serta Keutamaannya

Lirik Shalawat Jibril Versi Pendek Serta Keutamaannya

Shalawat Jibril -  Membaca sholawat jibril termasuk ibadah sunnah yang disukai Allah SWT. Baca sholawat jibril sambil berdoa agar hajatmu dikabulkan Allah SWT.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya:

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah:186)

Sholawat menjadi salah satu amalan umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya. Banyak jenis sholawat yang dapat dilantunkan oleh umat Islam, salah satunya sholawat Jibril.

Nama sholawat Jibril muncul karena sholawat ini pertama kali dibaca oleh Malaikat Jibril. Membaca sholawat Jibril sebanyak 1000 kali setelah sholat Maghrib memiliki keutamaan untuk mendatangkan kelimpahan rezeki.

BACA JUGA:

Walaupun bacaannya cukup singkat, fadhilah atau keutamaan yang diperoleh oleh orang yang membaca sholawat tersebut sangat berlimpah. Adapun bacaan sholawat Jibril versi pendek adalah sebagai berikut. 

Bacaan Sholawat Jibril Pendek 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima 

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Keutamaan Sholawat Jibril

Dalam sumber sebelumnya turut disebutkan keutamaan mengamalkan sholawat Jibril. Salah satu keutamaannya, yaitu akan dicintai semua orang dan dibukakan 70 pintu rahmat bagi orang yang membacanya secara rutin.

  • Diampuni dosa-dosa
  • Diberikan rezeki melimpah
  • Dilancarkan segala urusan
  • Dilunasi utang
  • Menambah keberkahan hidup

Hal ini sebagaimana termaktub dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Sya'rani, Nabi SAW bersabda:

"Barang siapa membaca sholawat ini (shallallahu 'alâ Muhammad), maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya."

BACA JUGA:Mukjizat Nabi Nuh Yang Selamat Dari Bencana Besar

Selain itu, membaca sholawat Jibril juga dapat melancarkan rezeki apabila diiringi dengan istighfar pada waktu pagi dan petang. Dikatakan dalam sebuah riwayat, fadhilah dari membaca sholawat ini bisa diperlihatkan Nabi SAW di dalam mimpi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: