Gianluigi Buffon, Kiper Legendaris Italia Pensiun di Usia 45 Tahun

Gianluigi Buffon, Kiper Legendaris Italia Pensiun di Usia 45 Tahun

Gianluigi Buffon Gianluigi Buffon akan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada usia 45 tahun. Namun, pengumuman secara resmi akan diumumkan oleh eks kiper Juventus itu dalam beberapa hari mendatang atau akhir pekan ini.

"BREAKING! Kiper legendaris Italia Gianluigi Buffon telah memutuskan untuk pensiun dari sepakbola profesional, pengumuman resmi di hari berikutnya," ungkap Fabrizio Romano di Twitter pribadinya, dikutip Rabu, 2 Agustus 2023.

"Buffon, 45 tahun, bermain untuk Parma musim lalu. Salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah sepakbola sekarang akan pensiun," tambahnya. Kabar tersebut disampaikan oleh jurnalis kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano, di akun Twitter pribadinya. 

Buffon, 45 tahun, memulai kariernya di Parma pada tahun 1995, bermain 220 kali untuk mereka sebelum bergabung dengan Juventus dengan biaya rekor dunia untuk seorang penjaga gawang.

Pemain asal Italia ini menghabiskan 17 tahun di Juventus, memenangkan sembilan gelar Serie A dan tetap bersama klub saat mereka terdegradasi ke Serie B di tengah skandal Calciopoli pada pertengahan tahun 2000-an.

Buffon bergabung dengan Paris Saint-Germain pada tahun 2018, menghabiskan hanya satu musim bersama tim Prancis dan memenangkan Ligue 1. Dia kemudian kembali ke Juventus pada 2019, memainkan peran sebagai pemain cadangan dengan 29 penampilan selama dua tahun, sebelum pindah kembali ke Parma.

BACA JUGA:

Penjaga gawang yang menghabiskan 19 tahun di Juventus dalam dua periode berbeda itu akan mengakhiri karier bermainnya setelah dua tahun bertugas di Parma. Musim 2022-2023 lalu, pertama kalinya sejak musim 2017-2018 Buffon melewatkan waktu yang lama karena cedera.

Gianluigi Buffon telah melewatkan total 18 pertandingan dengan beberapa cedera otot. Kondisi itu menyebabkan kiper legendaris Timnas Italia itu melewatkan hampir setengah dari kampanye Parma di musim 2022-2023.

Buffon selama ini dikenal sebagai salah satu sosok kiper terhebat sepanjang sejarah sepak bola. Berbagai rekor pun telah berhasil dipecahkan oleh eks kiper timnas Italia tersebut.

Bahkan, rekor-rekor Buffon belum tentu bisa disaingi oleh dua megabintang sepak bola saat ini, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Satu-satunya rekor Buffon yang sukses disamai oleh Ronaldo dan Messi adalah soal jumlah penampilan di Piala Dunia.

Namun, perjalanan panjang Buffon sebagai pemain akan berakhir beberapa hari lagi. Kiper gaek itu memang memberi sinyal masih ingin bermain hingga 45 tahun. Namun, dia bisa memikirkan lagi untuk tetap bermain jika Parma berhasil promosi. 

Gagalnya Parma ke Serie A membuatnya harus legowo untuk pensiun lebih cepat. Namun, Buffon disebut akan mendapatkan tawaran untuk mengisi posisi Chief of Delegation timnas Italia yang sebelumnya ditempati mendiang Gianluca Vialli.

Buffon merupakan kiper dengan karier gemilang. Pemain yang mengoleksi 176 caps bersama Gli Azzurri itu meraih banyak gelar semasa berseragam Juventus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: