Alami Tangan Kesemutan, Kemungkinan Penyakit Berat Mengintai

Alami  Tangan Kesemutan, Kemungkinan Penyakit Berat Mengintai

Tangan Kesemutan - Kesemutan di tangan biasanya ditandai dengan sensasi seperti rasa tertusuk atau mati rasa atau kebas . Keadaan ini tak bisa diremehkan karena bisa jadi anda tengah terserang berbagai variasi penyakit seperti diabetes atau kencing gula.

Kemungkinan lainnya adalah serangan penyakit Neuropati perifer, gangguan tiroid sampai ke stroke. Bahkan kemungkinannya  mendapatkan penyakit radang sendi.

Jika kondisi seperti itu, sering terjadi, perlu segera dikonsultasikan ke dokter, atau petugas kesehatan yang dikenal. Tujuannya supaya bisa dideteksi  lebih akurat, kemungkinan penyakit yang tengah bersarang.

Umumnya sebelum sampai ke fase tangan kesemutan, yang dapat dialami oleh pria maupun wanita, seseorang akan mengalami gejala-gejala tangan kesemutan. Gejala itu antara lain.

1. Gejala itu antara lain.

1.    Kram

Kram adalah kondisi saat jari-jari tangan mengalami sensasi nyeri atau mati rasa, termasuk merasakan kesemutan itu sendiri. Telapak tangan terasa kebas, dan sakit.

2.    Sulit digerakkan

Gejala tangan kesemutan lainnya adalah tangan serta dibagian telapak tangan sulit untuk  digerak-gerakkan. Seandai tetap memaksa untuk menggerak-gerakkanya akan terasa sakit.

3.    Nyeri yang terasa seperti tertusuk-tusuk

Serangan nyeri dibagian tangan atau telapak tangan, bisa bersifat ringan sampai sedang atau rasa sakit yang diderita sulit di tahan

4.    Kebas

Kebas adalah saat telapak tangan terasa menebal dan mengeras. Jika terjadi dalam waktu yang cukup lama, dapat menimbulkan rasa sakit atau telapak tangan tidak nyaman.

Beberapa kemungkinan bisa terjadi jika serangan tangan kesemutan dialami seseorang, antara lain karena kekurangan vitamin tertentu. 

BACA JUGA:

Kekurangan asupan Vitamin B dan E bisa memicu terjadinya tangan kesemutan. Fungsi vitamin B adalah memecah nutrisi ke dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Sedangkan vitamin E untuk meningkatkan fungsi sel darah putih dalam melawan penyakit.

Gejala awal diabetes Militus. Waspada dan perlu berhati-hati, jika kesemutan sering terjadi. Bisa saja anda sedang mendapat gejala penyakit diabetes militus.

Diabetes militus  saat kadar gula dalam darah diatas normal. Kadar gula tinggi bisa menghambat peredaran darah tidak lancar, sehingga tangan atau telapak tangan mengalami kesemutan.

Gejala tangan kesemutan jika berulang-ulang, terjadi adalah awal dari serangan penyakit radang persendian.

Penyakit ini perlu diwaspadai, karena jika dibiarkan dapat membuat sendi menjadi kaku dan kekakuan itu bisa semakin memburuk seiring bertambahnya usia.

Perawatan yang baik dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau kekakuan sendi, tetapi penyakit ini susah disembuhkan.

Tangan kesemutan, bisa menjadi awal muasal dari penyakit stroke yang bagi masyarakat menjadi momok yang menakutkan.

Terlebih usia yang sudah menua. awal-awal gejala Penyakit stroke  harus segera dicegah sebelum berlanjut menjadi stroke yang sebenarnya.

Menjaga pola makan, menghindari kolesterol, dan makanan-makanan olahan daging  perlu dikurangi.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: