Mukjizat Nabi Yahya Harus Kita Ketahui

Mukjizat Nabi Yahya Harus Kita Ketahui

BACA JUGA:Surat Al Baqarah Ayat 1 - 10 Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ketika anak-anak lain seusianya bermain, Nabi Yahya justru rajin beribadah dan mempelajari Kitab Taurat. Lalu, nilai-nilai di dalamnya disampaikan kepada kaumnya, Bani Israil. Hal ini membuat Nabi Yahya menjadi orang paling alim di zamannya dan paling banyak menerima hikmah. Allah juga memberi kuasa kepadanya untuk menyelesaikan persoalan antara manusia.

2. Bisa menghafal isi Kitab Taurat kaum Bani Israil

Mukjizat Nabi Yahya berikutnya adalah mendapat Kitab Taurat kaum Bani Israil dari Allah SWT. Allah memberikannya sejak Yahya masih kecil. Peristiwa ini tertuang dalam surat Maryam ayat 12 sebagai berikut.

يَٰيَحْيَىٰ خُذِ ٱلْكِتَٰبَ بِقُوَّةٍ ۖ وَءَاتَيْنَٰهُ ٱلْحُكْمَ صَبِيًّا

Yā yaḥyā khużil-kitāba biquwwah, wa ātaināhul-ḥukma ṣabiyyā.

Artinya: "Hai Yahya, ambillah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan aqh kanak-kanak."

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Ayat Kursi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain mendapat Kitab Taurat, Allah juga memberi kemampuan kepada Nabi Yahya untuk mengerti, menghafal, dan mengamalkan nilai-nilai di dalam kitab tersebut. Allah melengkapinya dengan kemampuan mengetahui syariat dan memutuskan perkara manusia sejak Nabi Yahya masih kecil. Maka dari itu, Nabi Yahya dapat meneruskan dakwah kepada kaumnya, seperti Nabi Zakaria dulu.

3. Mendapat Al-Hanan dari Allah

Nabi Yahya juga mendapat Al-Hanan dari Allah, yaitu ilmu yang mengajarkan rasa cinta kepada seluruh makhluk dan alam. Maka dari itu, ia sangat menyayangi binatang dan lingkungannya. Semua binatang pun menyayangi Nabi Yahya, termasuk para binatang buas. Maka dari itu, Nabi Yahya tak pernah mendapat gangguan dari hewan-hewan buas, meski suka beribadah di tengah hutan dan di dalam gua. Apalagi Nabi Yahya senang bertasbih dan berzikir kepada Allah. Maka itu senanglah para binatang itu mendengar zikir Nabi Yahya kepada Allah.

Demikianlah, ringkasan penjelasan mengenai Mukjizat Nabi Yahya yang perlu diketahui sebagai umat muslim. Semoga bermanfaat.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: